Foto Kades Jambu, Muhtar Ismail Saat Meninjau Langsung Lokasi Banjir. 

KM Bali 1, Pajo-Intensitas Curah hujan yang tinggi mengguyur Wilayah Kabupaten Dompu dan sekitarnya, Sejak pukul 13 : 00 Siang Hingga 17 : 00 Sore pada Senin, (14/03/2022) Mengakibatkan puluhan rumah di tiga Dusun Desa Jambu terendam banjir.

Tiga Dusun tersebut yakni, Dusun Soro, Dusun Pandai serta Dusun Pali. Rata-rata ketinggian Debit air di Ketiga Dusun itu setinggi Lutut Orang Dewasa.

Terlihat di beberapa titik sejumlah warga yang rumahnya terendam banjir, sibuk menyelamatkan barang-barangnya. Selain perabotan rumah tangga, hewan ternak juga dievakusai ke wilayah sekitarnya yang tidak terdampak banjir.

Muhtar Ismail Selaku Kepala Desa Jambu, meninjau langsung para warga yang rumahnya terendam banjir serta membantu warga dalam kegiatan evakuasi. Kepala Desa menilai, banjir tahun ini adalah yang terparah dialami Desanya dibandingkan berapa tahun belakangan, Itu diketahui lantaran Desanya termasuk langganan banjir saat musim penghujan tiba.

"Walaupun Desa kami langganan banjir, Tapi tahun ini dampaknya sangat Parah dibanding sebelumnya", Ujarnya.

Menurutnya, salah satu faktor terjadinya banjir di desa nya adalah karena drainase yang ada jumlahnya minim, belum lagi dari segi ukurannya yang kecil sehingga tidak mampu menampung jumlah debit air akibat tingginya curah hujan.

Mewakili Masyarakat Desa Jambu, dirinya berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu melalui Intansi Terkait dapat memberikan perhatian dengan solusi dan alternatif terbaik dalam mengatasi dan mengantisipasi kejadian serupa

"Kami berharap Pemda Dompu melalui Instansi terkait dapat membantu mengantisipasi musibah seperti ini tdk terjadi lagi", Harapnya.

Selain itu, guna mengantisipasi timbulnya wabah Penyakit seperti, Kolera, Diare juga Demam Berdarah Dengue (DBD) maupun Penyakit Kulit Akibat luapan Banjir yang masih menggenangi Rumah Warga, Pemerintah Desa Jambu Akan segera berkoordinasi dengan Puskesmas pembantu yang ada di Desa setempat.

"Untuk mengantisipasi wabah maupun penyakit yang menyerang warga, tentunya kami akan segera berkoordinasi dengan Puskesmas yang ada," Jelasnya.

Dari Pantauan Media Pada malam tadi Pukul 19:30 Wita, air luapan banjir yang menggenangi rumah warga berangsur mulai surut.(IB).

Posting Komentar

 
Top