KM Bali 1, Pekat-Aktivitas Pelabuhan Calabai beberapa tahun terakhir ini banyak kapal yang bersandar. Pasalnya Pelabuhan tersebut merupakan pelabuhan umum yang melayani kapal kapal, argo, barang,  kapal penumpang bahkan kapal tol laut.

Meski aktifitas pelabuhan cukup padat, namun minat masyarakat di sekitar pelabuhan ini dalam menggunakan kapal penumpang dinilai masih kurang. 

"sangat disayangkan pemanfaatan kapal tol laut oleh masyarakat sekitar sini masih minim". Kata Syahbandar Pelabuhan Calabai, Hani JJ Mamengko, SH, M,Si. di temui pada Rabu (3/2/2021) di ruangan kerjannya.

Sementara itu lanjut Hani JJ Mamengko yang berasal dari Manado itu, jadwal masing-masing kapal telah diatur sehingga masyarakat dapat dengan leluasa memanfaatkan fasilitas transportasi tersebut. "Di perintahkan oleh menteri perhubungan untuk memanfaatkan peluang kapal tol laut, di Pelabuhan calabai ini kapal Penumpang KM Sabuk Nusantara 84, dalam sebulan dua kali bersandar atau beroperasi sementara Kapal Perintis dikadwalkan dua kali beroperasi dalam seminggu". Jelasnya

Selain itu kapal pengangkut batu bara dan bahan baku gula juga bersandar di pelabuhan tersebut. " kapal pengangkut, batu bara dan bahan baku gula PT. SMS dalam setahun lebih kurang 10 kali bersandar di sini dengan berat muatan sekitar 7.500.000 ton". Tandasnya.

Dirinya berharap masyarakat di sekitar pelabuhan ini dapat memanfaatkan fasilitas yang ada seperti kapal tol laut maupun kapal perintis. Harapnya. (As).

Posting Komentar

 
Top