KM Bali 1, Manggelewa-Pemerintah Desa (Pemdes) Soriutu melalui Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2021 ini berencana memulihkan ekonomi warga lewat program Bantuan sosial (Bansos). 

Bansos yang direncanakan itu bersumber dari Dana Desa (DD), dengan total anggaran sekitar Rp. 150.000.000. Anggaran tersebut di gelontorkan oleh Pemdes setempat untuk membeli Ratusan ekor Kambing dalam mengembangkan usaha ternak bagi warga setempat.

"Anggaran desa tahun ini kita prioritaskan bansos bagi warga Soriutu untuk mengembangkan usaha ternak kambing". Kata Kepala Desa Soriutu, Aidin H. Ibrahim waktu ditemui Media ini di ruangan kerjanya pada Senin (1/2/2021).

Penyaluran bantuan tersebut berdasarkan kesepakatan bersama masing masing dusun. Rencananya, setiap Dusun akan diambil 5 orang sebagai Penerima Manfaat dalam program tersebut. Sementara itu, jelas Aidin, di Desa Sori Utu terdapat total 10 Dusun dan setiap Dusun rencananya akan mendapat 13 ekor kambing. "Setiap Dusun hanya lima orang atau satu kelompok dapat bantuan dengan jumlah sekitar 13 ekor kambing, jadi total 10 dusun itu kita salurkan sekitar 130 ekor kambing". Jelasnya. 

Bahkan rencananya pihak pemdes Soriutu bersama warga akan mendokumentasikan kegiatan tersebut demi terwujudnya desa soriutu yang transpran dalam melaksanakan setiap program pembangunannya. 

"Nanti kita sama sama beli kambingnya bersama warga dan kita akan dokumentasikan kegiatan itu demi transparansi dan keterbukaan". Terangnya.

Lebih jelasnya di katakan Aidin, bagi KPM yang mau mendapatkan bantuan tersebut harus punya kelompok ternak yang terdaftar dalam lingkup Pemdes, memiliki kandang dan mampu menjaga serta mampu mengembangkan usaha ternaknya. "Bagi calon penerima bantuan harus punya kelompok, kandang dan mampu menjaga kambingnya". Ujarnya.

Dirinya berharap bagi KPM mampu menjaga dan mengembangkan kambingnya supaya dapat meningkatkan perkenomiannya. Harapnya. (As).

Posting Komentar

 
Top