KM BALI 1, DOMPU-Kondisi tempat pariwisata Lakey, Kecamatan Hu'u,  Nusa Tenggara Barat (NTB) sangat memprihatikan. Akibat Hujan deras yang disertai angin kencang, sejumlah fasilitas umum wisata Lakey mengalami kerusakan parah.

Intensitas hujan yang cukup tinggi yang mengguyur wilayah Kecematan Hu'u, Kamis malam pukul 23.50 wita, (25/11/2021) lalu, memicu terjadinya banjir bandang. Akibat bencana tersebut, akses jalan di pinggir pantai Lakey terputus. Bukan saja itu, sejumlah pohon tubang. 

Hal ini dibenarkan melalui unggahan akun facebook Hanafi Lakey II, memposting beberapa gambar dan pohon yang tumbang akibat banjir bandang. Dalam gambar itu, terlihat akses jalan pinggir pantai terputus. "Banjir dilakey tadi malam jam 12.00,putus akses jalan pantai lakey," Tulis, dalam statusnya beberapa jam yang lalu.

Dampak akibat bencana tersebut menguak sederat ancaman bagi tempat pariwisata Lakey yang merupakan destinasi surganya para peselancar. Ancaman itu dipublikasikan lewat vidio YouTube Domsel Cannel. Dalam unggahan vidio yang berdurasi 7.30 menit itu memuat beberapa tempat yang terdampak akibat bencana tersebut. Video itu berjudul, "Tempat wisata lakey peak Dompu NTB terancam hancur karena banjir 2021",
Dalam unggahan video tersebut, Youtuber Domsel Cannel sempat mewawancarai Turis yang berasal dari Negara Prancis yang sedang melihat langsung beberapa fasilitas yang rusak. Dalam vidio itu juga sempat dimintai tanggapan terkait banjir,?  Terlihat dua pria asal prancis mengungkapkan rasa keprihatinan atas bencana yang menimpa tempat tersebut. Menurutnya, banjir itu disebabkan gunung yang sudah gundul. Pria asal prancis itu mengungkapkan rasa ke prihatinan sembari menunjukan tangannya ke arah gunung yang tidak jauh dari lokasi tersebut. "Saya sedih, karena potong Gunung," Tutur, David, asal prancis salah satu pengunjung mancanegara yang berkunjung di Lakey, dalam Unggahan vidio tersebut.

Dalam unggahan vidio itu juga, salah satu komentator, berkomentar terkait kerusakan beberapa fasilitas umum akibat bencana yang melanda tempat pariwisata. "Sangat miris, semoga pemerintah menangani hal ini," Komentarnya dalam unggahan vidio tersebut.

Lakey dikenal sebagai tempat Pariwisata yang paling sering dikunjungi turis manca Negara karena di tempat tersebut surganya para peselancar, (As).

Posting Komentar

 
Top