KM Bali 1-
Potensi suatu daerah merupakan salah satu hal yang paling menentukan dalam perkembangan ekonomi suatu daerah tersebut. Demikian yang dijelaskan Muhammad Yamin, ST, MT disela-sela kegiatannya sebagai sebagai praktisi jurnalis di Kabupaten Dompu. Pria yang juga lulusan sarjana ilmu teknik pengairan dan Hidrologi ini mengemukakan, bahwa persoalan pengembangan potensi daerah khususnya potensi di Kelurahan Bali Satu perlu menjadi perhatian khusus pemerintah. Menurutnya, hal tersebut merupakan item penting dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat.
Putra kelurahan Bali Satu ini juga mengemukakan kepada Krew KM Bali1, warga Kelurahan Bali Satu rata-rata bermata pencaharian sebagai pedagang bakulan mengingat letak geografis Kelurahan Bali satu yang berdekatan dengan Pasar Induk Dompu. Menurutnya, pedagang bakulan saat ini belum terlalu diperhatikan oleh Pemerintah Daerah saat ini. Sehingga pendapatan warga yang menggeluti usaha tersebut susah untuk meningkatkan taraf hidupnya karena masih bergantung pada modal sendiri.”pedagang bakulan di Kelurahan Bali Satu itu sangat banyak terutama usaha penjualan ikan segar, sayur-sayuran, maupun kebutuhan pokok lainnya. Ini semua dijajakkan di pasar induk Dompu. Namun penghasilan dari usaha tersebut hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan para warga sehari-hari saja karena mereka tidak bisa mengembangkan usahanya disebabkan kendala modal ”. demikian jelasnya.
Beliau melanjutkan, di Kelurahan Bali Satu ini sebaiknya dibentuk suatu wadah semacam koperasi untuk mengakomodir kebutuhan warga pedagang bakulan ini termasuk sebagai tempat peminjaman modal usaha atau juga melakukan simpanan hasil usaha masing-masing warga. Selain itu juga Muhammad yamin menambahkan, perlu adanya partisiasi dari warga lain yang notabene kebanyakan adalah pejabat teras Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu. Beliau mengharapkan adanya upaya dari para tokoh-tokoh pemerintahan tersebut untuk dapat memberikan bantuan penyertaan modal kepada warga pedagang bakulan tersebut.”para pejabat Pemda yang tiggal di Bali Satu diharapkan dapat melobi ke dalam agar warga pedagang bakulan bisa mendapatkan bantuan yang lebih optimal”. Harapnya.
Seraya berkelakar beliau juga mengatakan, “PNPM di kelurahan Bali Satu harusnya dapat memfokuskan programnya dalam membantu para pedagang bakulan ini”. Ungkapnya.[W02]

Posting Komentar

 
Top