Dompu, KM Bali 1-Dalam acara puncak Tambora Menyapa Dunia yang dilaksanakan di kaki gunung Tambora diriencanakan akan dihadiri pula oleh Prsiden RI Joko Widodo.”70% kemungkinan Presiden akan hadir di acara TMD di Tambora”, jelas Bupati Dompu H. Bambang M. Yasin kepada wartawan di ruang kerjanya selasa lalu.
Jika hadir, Presiden RI Jokowi Dodo dipastikan sekaligus akan meresmikan Pulau Satonda dari Hutan Konserfasi alam menjadi Taman Nasional Pulau Satonda. “dengan diresmikannya Pulau Satonda sebagai Taman Nasional, maka kegiatan wisata alam di pulau satonda dapat dilakukan. Tapi kalau masih berstatus Hutan Konserfasi, kegiatan wisata tidak dapat dilakukan karena dilarang Undang-Undang”, jelas Bupati Dompu.
Dalam beberapa item kegiatan puncak TMD, beberapa acara tertentu dipusatkan di Lokasi Danau satonda. Salah satunya adalah kegiatan Lomba Dayung Sampan tradisional Dompu. Awalnya banyak kalangan pemerhati pelestarian alam Danau Satonda menghawatirkan kegiatan dalam even TMD tersebut akan bertentangan dengan pertauturan yang menetapkan lokasi tersebut sebagai Hutan Konserfasi Alam.

Namun setelah angin segar bagi Pemkab Dompu Berhembus dari Dirjen Kementerian Kehutanan menyebutkan, menyetujui usulan Pemerintah Kabupaten Dompu untuk merubah Status Danau Satonda dari Taman Konserfasi alam menjadi taman nasional, kegiatan puncak TMD di Danau Satonda dapat dilanjutkan seperti rencana.[Siol]

Posting Komentar

 
Top