KM Bali 1, Dompu-Perusahaan Pertambangan milik PT. Sumbawa Timur Mining (STM), yang berlokasi di Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), tengah melakukan survei dan eksplorasi tembaga, mineral dan emas. "Pemilik penugasan Kontrak karya (KK) Proyek pertambangan Hu'u, generasi ke-7 fokus eksplorasi tembaga mineral dan emas," Kata Humas PT. STM, Agus Hermawan di sela-sela acara silahturahim dengan sejumlah Wartawan di Kabupaten Dompu tepatnya, di Cafe Fourt di bilangan jln. Lingkar utara Bali satu Dompu, Jum'at (17/12/2021) sore tadi.

Selain itu juga, pihak perusahaan tengah melakukan survey awal tentang pemanfaatan potensi panas bumi. Dengan pontensi itu, kata agus, rencananya nanti ketika pada tahap konstruksi sebagian energi panas bumi bakal digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik untuk kegiatan operasional penambangan di lokasi tersebut. "Energi pembangkit listrik untuk operasional itu nanti kita usahakan pakai energi panas bumi atau geothermal," Katanya.

Rencana eksplorasi panas bumi, masih agus Hermawan, sekitar akhir bulan Desember 2021 hingga awal bulan januari 2022. "Untuk pengeboran awal geothermalnya, mungkin akhir desember ini atau awal januari 2022," 

Menurutnya, kalau dilihat dari kontrak karyanya terbagi dua yakni wilayah Dompu dan Wilayah Bima. Namun yang menjadi fokus kegiatan eksplorasi saat ini, kata Agus Hermawan, berada di wilayah Kecematan Hu'u Kabupaten Dompu. "Sampai saat ini kita tidak melakukan kegiatan eksplorasi di wilayah Kabupaten Bima karena memang pada tahun 2013 yang kita temukan itu di wilayah dompu," Pungkasnya,

Dalam acara tersebut sejumlah wartawan senior sempat mempertanyakan sejauh mana kontribusi perusahaan tersebut  terhadap masyarakat di Dompu terkait pendidikan, sosial, ekonomi hingga bencana alam berupa banjir.

Agus Hermawan, menanggapi sejumlah pertanyaan tersebut, bahwa pihaknya mengakui sejauh ini telah memberikan kontribusi terhadap masyarakat di lingkar tambang. "Bantuan non fisik dan fisik tetap kita salurkan kepada masyarakat," Akuinya,

Dari pantuan langsung acara tersebut dari awal hingga akhir sekitar pukul 15.12 wita berjalan lancar,  bisa dibilang santai sambil diskusi, (As).

Posting Komentar

 
Top