Bali 1,KM-Mura bukanlah istilah baru bagi masyarakat Suku Mbojo yang berdiam di Kabupaten Dompu Khususnya warga Kelurahan Bali 1. Mura merupakan istilah yang artinya Menanam atau lebih jelasnya adalah kegiatan Menanam Kembali batang-batang Padi setelah dicabut dari tempat persemaian.
Demikianlah kegiatang yang sedang ramai dilakukan para Petani Warga Bali 1 di areal persawahan So Jaddo beberapa hari terakhir hingga saat ini. Hal ini menandakan bahwa musim panen hampir usai meskipun masih ada beberapa petak areal persawahan yang padinya belum dipanen.

Pada saat melakukan kegiatan Mura ini, biasanya petani maupun para buruh Sawah membawa Timbu dan Dahi sebagai bekal makanan pada saat istirahat setelah melakukan Mura. Timbu adalah makanan berupa nasi yang terbuat dari Beras Ketan kemudian dicampur dengan Santan kelapa lalu dimasukkan kedalam Ruas Batang Bambu kemudian setelah itu dibakar. Sedangkan Dahi adalah Tape yang terbuat dari Beras Ketan Hitam.
Bagi Masyarakat Dompu, makanan ini sudah menjadi makanan khas yang biasa dikonsumsi pada malam hari yang bercuaca dingin. Selain itu masyarakat terutama para Petani, menjadikan makanan khas ini sebagai bekal pada saat melakukan kegiatan Mura.[Siol]

Posting Komentar

 
Top