KM Bali 1-Mungkin tidak banyak dari masyarakat kita di Kabupaten Dompu mengenal tanaman Nilam. namun sedikit yang kami bisa jelaskan bahwa Nilam adalah sejenis tanaman liar yang memiliki nilai ekonomis tinggi di dunia.

Nilam adalah tanaman yang dijadikan sebagai salah satu bahan baku dalam pembuatan Parfum. Karena itu nilam sering kali menjadi salah satu komoditi eksport Indonesia ke luar negeri seperti Paris. Nilam juga merupakan suatu jenis tanaman yang hanya dapat hidup pada daerah yang beriklim tropis, sehingga Indonesia merupakan Wilayahyang paling berpotensi sebagai daerah pengembangan budidaya tanaman ini.

"Saya pernah searching di google, Yang konsumsi parfum adalah seluruh dunia, sedangkan yang bisa menanam nilam hanya daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia. Dompu pun bisa ambil bagian dalam agribisnis yang menguntungkan ini". Demikian yang diungkapkan Drs.Suharyanto, salah seorang pencetus ide untuk merintis serta mengembangkan budidaya tanaman Nilam di kabupaten Dompu sebagai alternatif bisnis selain tanaman Jagung di Kabupaten Dompu. Selain itu, menurut beberapa sumber, tanaman Nilam adalah tanaman yang tidak dimakan oleh babi, sapi, kambing, maupun binatang ternak dan hewan yang biasanya merusak pertanian masyarakat.

KM Bali 1 sengaja membagi sebuah buku yang membahas tentang teknis budidaya serta analisa lengkap keuntungan budidaya nilam ini. Silahkan para pembaca membandingkan sendiri dengan keuntungan yang diperoleh dari menanam jagung. Siapa tahu para pembaca tertarik untuk mempelajari lebih jauh tentang Nilam ini. Oh iya, sekedar info tambahan, ternyata Indonesia adalah negara eksportir Nilam terbesar didunia saat ini dan Provinsi Aceh memiliki kualitas minyak nilam Nomor 1 di Dunia. Dompu bagaimana?
Terimakasih semoga bermanfaat.[Wo2]

Posting Komentar

 
Top