KM Bali 1-Fakta tentang kelangkaan Kacang kedelai yang sudah sangat meresahkan para konsumen di Kabupaten Dompu terutama produsen tahu yang menggunakan Kedelai sebagai bahan baku utamanya, kini dapat bernapas lega. Berdasarkan pantauan langsung KM Bali 1 di beberapa areal pertanian masyarakat Dompu yakni di areal pertanian wilayah Kampung Donggo Ana Kelurahan Monta, Areal Pertanian So Madarutu di Desa Nowa dan sekitarnya serta di So Jaddo di wilayah Kampung Kelurahan Bali Satu sendiri.
Beberapa areal pertanian masyarakat yang terhitung luas ini, dipenuhi oleh tanaman Kacang Kedelai. Meski ada beberapa lahan dalam areal tersebut yang para petaninya masih menunggu panen padi. Langkah petani untuk menanam kacang Kedelai ini bisa jadi termotifasi oleh tingginya permintaan konsumen di Dompu terhadap Kacang tinggi protein ini.
Namun yang dikhawatirkan oleh para petani adalah saat musim panen tiba, maka secara drastis biasanya harga hasil pertanian pun juga ikut turun. Masalah ini sangat mungkin menimpa para petani Kedelai di Kabupaten Dompu. Namun petani tentunya tetap berharap pemerintah dapat membantu dalam menstabilkan harga Kacang Kedelai hingga masa panen tiba.[Ozyra]

Posting Komentar

 
Top