KM Bali 1-Pada musim hujan seperti sekarang ini, banyak kampung di Kabupaten Dompu yang dilanda Kebanjiran. Sebagian kampong hanya mendapat jatah banjir saat banjir besar saja namun tidak demikian yang dialami oleh Kampung Kandai Dua Timur Kelurahan Kandai Dua Kecamatan Woja.
Karena sebagian besar wilayah kampung ini berada pada dataran rendah dan berada di pinggiran Sungai, maka datangnya banjir pun relative susah untuk diprediksi. Bahkan dengan curah Hujan yang kecil pun dapat mengakibatkan kampong ini mengalami kebanjiran.
Nasib yang sama pun dialami oleh kampong Karijawa Utara Kelurahan Karijawa Kecamatan Dompu. Warga kampong ini juga merupakan langganan banjir karena banyak rumah warga yang dibangun pada areal bibir Sungai.
Menyadari hal itu, para warga di kedua kampong tersebut sangat kuat budaya gotong royongnya. Mereka para warga yang rumahnya tidak kebanjiran membantu mengemas barang – barang warga lain yang mengalami musibah banjir. Dengan sigap dan seakan sudah memahami tugasnya, masing – masing warga salang membantu tetangga-tetangganya yang kebanjiran tersebut
Banjir ternyata tidak selamanya membawa efek buruk bagi  para warga kampong yang mengalaminya. Tetapi juga malah membawa pengaruh tersentuhnya sensitifitas hati para warga lain untuk membantu meringankan beban saudaranya sekampung yang sedang mengalami musibah. Hal ini tentu saja akan makin memperkuat tali silahturahmi dan sikap tolong menolong terhadap sesama.
Pada akhirnya, tidaklah jahat seseorang yang apa bila ditimpa musibah dia mengucapkan “ALHAMDULILLAH HIRROBBIL AALAMIIN” setelah mengucapkan “INNALILLAHI WA INNA ILAIHIROJIUUN”.[Ozyra]

Posting Komentar

 
Top