KM Bali 1-Beredar bebasnya produk makanan dan minuman kemasan yang diimpor tanpa mencantumkan label halal di beberapa supermarket terkenal di Dompu mengundang perhatian beberapa tokoh masyarakat yang juga berposisi sebagai konsumen dalam masalah ini.

Aktivis Lembaga Studi Kemanusiaan (LENSA) Dompu Akdiansya atau yang lebih akrab disapa Yonqi menilai pemerintah kabupaten dompu dalam hal ini Dinas Koperindag belum tahu tentang beredarnya produk - produk Mamin impor yang diragukan kehalalnnya ini sehingga terkesan tidak diawasi.

"Harusnya Diskoperindag perlu melakukan inspeksi secara berkala sehingga keberadaan kasus seperti ini dapat diketahui lebih dini agar dapat diambil langka-langkah yang diperlukan", jelas Akhdiansyah dalam pernyataannya kepada KM Bali 1 via akun facebook (29/9) baru-baru ini.

Dalam konteks keindonesiaan menurut Akhdiansyah, hal yang berkaitan dengan perlindungan konsumen perlu diatur Pemerintah Kabupeten dalam regulasi tentang jaminan akan hak Konsumen terhadap sebuah produk. 

Salah satu Tokoh pemuda Dompu yang juga menjadi Caleg DPRD Prov. NTB 2014 dari partai PKB ini juga mengungkapkan, hak konsumen yang perlu dijamin oleh pemerintah adalah dari segi kelayakannya untuk dikonsumsi, baik dari sisi kesehatan, higienis, maupun jaminan halal bagi konsumen warga negara muslim indonesia.



Menanggapi fenomena beredarnya Mamin kemasan impor yang tidak disertai label halal di supermarket-supermarket terkenal di Dompu Akhdiansyah menganggap perlu pemerintah melakukan langkah penyitaan,"Dalam kaidah hukum islamnya, kita wajib menghindari sebuah kemudharatan, apabila sebuah kemudharatan itu jelas-jelas sudah kita ketahui". jelas Yonqi.



Lebih lanjut dirinya menambahkan, barang-barang itu jelas belum ada garansi baik dalam konteks kewarga negaraan maupun keagmaan, yaitu perlunya jaminan produk halal."Nah pemerintah dalam posisinya sebagai decition maker berkewajiban menghentikan jalan menuju kemudhratan tadi, yaitu pemerintah melakukan penyitaan dalam rangka menjamin hak hak warga negara dan umat muslim di Dompu.[Ozyra]

Posting Komentar

 
Top