Dirangkum dari hasil observasi Siswa Jurusan Administrasi Perkantoran SMKN 1 DOMPU
Km Bali 1-Air terjun pelangi adalah salah satu tempat wisata yg berada di dompu tepatnya di desa karamabura. untuk mencapai air terjun tersbut cukup menempuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam dgn berjalan kaki.

Awalnya di tempat tersebut adalah Air parit irigasi yang mengalir di atas ketinggian bukit tersebut. Air turun melewati celah-celah dari ketinggian tanah. Airnya terus mengalir ke bawah Dasar bukit itu.
Akhirnya lama-kelamaan banyak air parit yang terus mengalir dan turun dari ketinggian tanah tsb sehingga air tersebut terjun ke bawah mencapai dasar bukit tersebut.

Ditengah-tengah perjalanan salah seorang warga memberikan informai bahwa saat melintasi perkebunan disekitar air terjun tersebut tidak boleh memetik sesuatu dan tidak boleh mengeluarkan suara yg keras karena dapat menimbulkan dampak yg negatif.
Sesampainya di air terjun pelangi kita dapat menikmati pemandangan pegunungan yg begitu indah dan hawa yg begitu dingin dan sejuk dan tinggi air terjun pelangi sekitar kurang lebih 45 M.
Menurut pendapat saya air terjun tsb dikatakan air terjun pelangi dikarenakan saat air jatuh dibebatuan muncul garis-garis yg membentuk seperti lingkaran kemudian air yg jatuh terkena sinar matahari kemudian muncullah seperti pelangi diatas bebatuan tersebut.
Aktivitas yg dilakukan warga sekitar air terjun tersebut yaitu berkebun, bertani dan ada pula yg memanfaatkan lahan rumah mereka sebagai lahan utk parkir bagi para wisatawan yg mengunjungi tempat tersebut.[AP]

Posting Komentar

 
Top