KM Bali 1-Selain membahas tentang perampingan beberapa SKPD dalam pertemuan rapat koordinasi yang diadakan di Aula rapat, Bupati Dompu H. Bambang M. Yasin juga dihadapan pers mengklarifikasi informasi yang beredar seputar kenaikan tarif pelayanan air bersih dari PDAM Dompu yang mulai diterapkan beberapa waktu lalu.
Menurut Bupati informasi yang beredar ditengah masyarakat saat ini terkesan menyudutkannya sebagai pejabat yang sudah mengeluarkan surat keputusan untuk menaikkan tarif air bersih dari para pelanggan PDAM tersebut.
"Memang sebagai Bupati, saya lah yang mengeluarkan SK untuk menaikkan tarif Air Bersih. Tetapi hal itu juga memang wajar dilakukan mengingat biaya produksi PDAM dalam memproduksi air bersih bagi para pelanggan tidak dapat ditutupi oleh tarif yang selama ini diterapkan sehingga PDAM terus mengalami kerugian", Jelas Bupati.
Dengan dipasangnya tarif baru saat ini, Bupati dompu menyatakan PDAM yang selama ini selalu mengalami kerugian kini sudah dapat menutupi biaya produksinya sendiri bahkan sudah memperoleh keuntungan yang cukup signifikan."dengan diterapkannya tarif baru ini, sekarang PDAM bisa memiliki kas sendiri, biaya produksi juga bisa ditutupi", ungkapnya.
Menurutnya menaikkan tarif merupakan solusi yang tepat dibandingkan memberikan subsidi kepada pelanggan."kalau pemerintah daerah memberi subsidi kepada pelanggan PDAM, iu sama saja kami memberi subsidi kepada keluarga yang mampu. Karena untuk ukuran taraf ekonomi masyarakat Dompu yang mampu memanfaatkan jasa distribusi air bersih PDAM rata-rata berasal dari kalangan ekonomi yang sudah mapan. Sehingga subsidi yang diberikan menjadi tidak tepat sasaran". Jelas Bupati Dompu.
Dampak positif dari kenaikan tarif ini dapat memunculkan motifasi bagi perusahaan Air minum PDAM untuk lebih meningkatkan pelayanannya menjadi lebih baik. Bupati Dompu HBY juga mengungkapkan jika PDAM memiliki cukup dana dari hasil keuntungannya seperti yang mulai terlihat sekarang ini, bkan tidak mungkin pelayanan akan makin ditingkatkan sehingga keluhan pelanggan dapat diminimalisir."salah satu dampak positif dari kenaikan tarif Air ini misalnya saat ini sedang dilakukan pemasangan saluran air bersih dari PDAM secara gratis kepada masyarakat Dompu yang berpenghasilan rendah. Ini juga patut untuk diapresiasi", ungkapnya.[Oz]

Posting Komentar

 
Top