.                      GUNTUR
                 HUMAS PT. SMS
KM Bali 1, Pekat-masyarakat doropeti bersama Pemerintahan Desa mengeluhkan tentang kurang maksimalnya kontribusi nyata PT. SUKSES MANTAP SEJAHTERA (SMS) dari segi pemberdayaan masyarakat terutama dibidang CSR (corporate social responsibility) atau tanggung jawab sosial terhadap masyarakat seputar areal lingkar industri khususnya masyarakat Doropeti. 

Hal tersebut dibenarkan oleh DAHLAN selaku kades Doropeti saat dikonfirmasi diruang kerjanya Rabu, (03/03) menjelaskan, selama 5 tahun beroperasinya perusahaan tersebut tidak terlalu tampak kontribusi nyata dalam hal pembangunan fasilitas-fasilitas publik untuk kepentingan masyarakat, seperti sarana pendidikan  untuk pemuda sebagaimana yg pernah disepakati dalam MOU dengan masyarakat dulu. 

Selain itu, lanjut Kades, yang lebih penting adalah soal bantuan sosial kepada masyarakat, menurutnya, sangat minim PT. SMS memberi bantuan sosial Kepada masyarakat di sekitar kawasan industri.

"Kalaupun ada kami nilai tidak tepat sasaran", sebutnya.

Dahlan berharap PT. SMS dapat merespon keluhan masyarkat ini. Dirinya sebagai Kades Doro Peti juga meminta pihak Perusahaan agar dapat berkoordinasi dengan Pemdes setempat sebelum melaksanakan kegiatan pendataan warga penerima manfaat jika ada bansos yang akan disalurkan sehingga menjadi tepat sasaran.

"Harapan kami atas nama masyarakat doropeti agar management PT.SMS bisa merespons secara positif terkait keluhan masyarakat tersebut, jangan hanya memanfaatkan sumber daya alam kami tp tidak berkontribusi untuk masyarakat. Selain itu kami selaku pemdes meminta dilakukan koordinasi dengan kami dalam hal pendataan warga yang akan mendapat bantuan jikalaupun seandainya ada", Tegasnya. 

Secara terpisah, pihak PT.SMS saat dikonfirmasi crew awak media www.kmbali1.online Rabu, 3 Maret 2021 yang diwakili GUNTUR selaku Humas membantah adanya MOU yang berkaitan dengan penyaluran CSR atau bantuan sosial lainnya. Dia menegaskan, pihaknya ahnya menyepakati MOU tentang kerjasama Perusahaan dan masyarakat setempat di bidang Pertanian.

"Yang pernah kami sepakati bersama masyarakat adalah MOU kerjasama pengelolaan di bidang pertanian, sekali lagi saya tegaskan diluar dari itu tidak ada". Tegas Guntur.

Masih menurut GUNTUR, ihak Perusahaan PT. SMS sudah cukup berkontribusi dalam membangun sarana umum seperti Jalan. 
Tidak hanya itu, menurit Guntur PT. SMS juga tetap berperan aktif dalam menyalurkan Bansos ke masyarakat yang membutuhkan. "Selama ini kami telah berkontribusi banyak dalam hal pembangunan sarana dan prasarana umum seperti, jalan, Juga Bansos bagi warga kurang mampu". 

Guntur meyebutkan, Perusahaan menyambut baik jika Pemdes setempat ingin berkoordinasi dalam penyaluran Bansos tersebut agar tidak dianggap salah sasarana. 

"Kalau dianggap banyak yang tidak tepat sasaran tolong dikomunikasikan dengan kami agar dikemudian hari bisa dilaksanakan secara efektif", tambahnya.(IB)

Posting Komentar

 
Top