KM Bali 1, Dompu-Hujan deras mengguyur wilayah Dompu siang tadi sekitar Pukul 13.30 Wita, Kamis (11/11/2021) dengan intesitas tinggi mengakibatkan ratusan rumah warga terendam banjir di sekitar bantaran sungai.  Melalui postingan akun Media Sosial facebook resminya, Pemerintah Kecematan Dompu menyebutkan lokasi yang terdampak banjir yang terjadi sore kemarin akibat meluapnya Sori Silo dan Sori Soa meliputi,  Lingkungan Kotabaru RT 16 dan lingkungan Mantro Kelurahan Bada,  Kampo samporo, RT 14 dan RT 15 Kelurahan Bali 1, Lingkungan  Sigi dan Sigi barat Kelurahan Karijawa dan Lingkungan Seratalaka Kelurahan Dorotangga.

Sementara jumlah rumah yang terdampak banjir dikonfirmasi Camat Dompu, Syahudin Abi, menyebutkan jumlah rumah warganya yang terdampak banjir di wilayah Kecematan Dompu untuk sementara ini mencapai 200 rumah. "Masih didata, Pantauan Sementara ini total keseluruhan se Kecematan Dompu sekitar 200-an rumah," Bebernya kepada media ini via whatsapp, Kamis (11/11/2021).

Dari peristiwa tersebut dikatakan Syahudin Abi, setidaknya pantuan sementara ini satu unit rumah mengalami kerusakan hingga pondok terseret arus. "Tadi hasil pantauan saya 1 rumah di mantro jebol dan 1 pondok di kampo samporo terseret arus," Uraianya.
Menurut Syahudin Abi, luapan sungai tersebut akibat derasnya intensitas hujan,  sementara fungsi hutan digunung semakin berkurang sebagai penyerapan air hujan turun sehingga mengakibatkan terjadinya banjir bandang di sepanjang pemukiman warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai. "Iya intensitas hujan yg sangat deras ditambah hutan yang semakin berkurang fungsinya untuk menyerap air hujan tidak maksimal, sehingga air hujan langsung tersalurkan ke sungai, selain itu juga kapasitas sungai yg sudah semakin sempit akibat bangunan pemukiman dan endapan lumpur sehingga air sungai meluap," Pungkasnya, (As).

Posting Komentar

 
Top