Tim Pemulung SMKN 2 Dompu di Nisa Pu'du (foto: kmbali1.com)

KM Bali 1, Kempo-Mendukung program Pemerintah Provinsi NTB dalam mengembangkan Kawasan Strategis Teluk Sale, Pulau Moyo, dan Tambora (SAMOTA), SMKN 2 Dompu membentuk "Tim Pemulung". 

Tim Pemulung yang terdiri dari warga Sekolah SMKN 2 Dompu baik dari unsur Guru maupun Tenaga Kependidikan ini (TU_red) berjumlah sedikitnya 25 orang. Tim tersebut diberangkatkan menuju salah satu lokasi yang berada dalam Lingkaran Teluk Sale yakni Nisa Pu'du tepatnya Sabtu, (29/01) pukul 13.00 wita kemarin.

Nisa Pu'du merupakan salah satu Pulau yang masih berada dalam wilayah Desa Soro Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu. Diketahui, Nisa Pu'du adalah salah satu objek Wisata Bahari di Kabupaten Dompu.
Kepsek SMKN 2 Dompu Burhanuddin, ST (kanan) Bersama Guru tengah memungut sampah Plastik. (foto:KMBali1.com)

Tim Pemulung SMKN 2 Dompu melaksanakan pembersihan Sampah Unorganic terutama sampah dari bahan Plastik. Sampah-sampah tersebut kemudian dikumpulkan.

Kepala Sekola SMKN 2 Dompu Burhanuddin, ST yang juga termasuk dalam Tim tersebut saat diwawancara oleh kmbali1.com di lokasi kegiatan Sabtu, Sore lalu menegaskan, Tim Pemulung SMKN 2 Dompu merupakan salah satu bentuk Sinergitas Sekolah dalam menyukseskan Program Pemerintah Provinsi NTB. Burhan menyebutkan salah satu Program SMKN 2 Dompu yakni 'Bakti SMK' kini diarahkan agar Sejalan dengan Program Nasional maupun Pemerintah Daerah Tingkat I NTB. 

"Meskipun tidak memiliki pengaruh banyak, minimal kegiatan ini dapat menunjukkan dukungan SMKN 2 Dompu sebagai institusi pendidikan di Kabupaten Dompu dalam menyukseskan Program Pemerintah NTB", ungkapnya di sela kegiatan Bakti SMK tersebut.

Teluk Sale menurut Burhanuddin, ST merupakan kawasan Potensial di Kabupaten Dompu sebagai penghasil ikan. Tidak hanya itu, di Kawasan teluk Sale yang menjangkau 3 Kabupaten ini terdapat setidaknya 49 Pulau Kecil seperti Nisa Pu'du yg juga potensial menjadi Objek Wisata Bahari.
Pria yang percaya dengan pendekatan emosional dapat meningkatkan efektifitas kinerja di sekolah ini mengatakan, Saat ini, setiap Kompetensi Keahlian SMKN 2 Dompu tengah giat membangun Teknologi Tepat Guna yang dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar kawasan Samota.

"Contohnya saat ini di Kompetensi Keahlian Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU) kami tengah membangun Box Frezer yang nanti dapat dimanfaatkan masyarakat Nelayan di sekitar Teluk Sale untuk mengumpulkan ikan hasil tangkapan mereka", ujarnya.

Tidak hanya itu, sebelumnya SMKN 2 Dompu lanjut Burhanuddin, telah berhasil membangun Pagar Listrik yang dapat dimanfaatkan di Lahan Pertanian Jagung. Pagar listrik ini telah diuji dan terbukti mampu menghalau hama Babi dan Monyet namun mampu menghindari Korban Jiwa Manusia.

"Yang kami sudah pamerkan di ibu kota Provinsi NTB dan sudah kami uji keberhasilannya adalah Pagar Listrik untuk lahan Jagung", tandasnya.

Burhan berharap, Kegiatan Bakti SMK di Nisa Pu'du (Kawsan Samota_red) kali ini dapat menjadi sumber inspirasi baru bagi para guru dalam menghasilkan Ide-ide bermanfaat yang kemudian akan diaplikasikan pada Produk yang dibangun.

"Selain bersih-bersih kita juga ingin guru-guru mendapat sumber inspirasi baru yang nantinya akan diaplikasikan pada produk yang dibuat", harapnya.(Oz)



Posting Komentar

 
Top