Ir. H. Fakhruddin (ketiga dari kiri) Usai Penandatangan Kontrak Kerja OPD bersama Bupati Dompu (kedua dari kiri) Wakil Bupati Dompu (paling kiri), dan Sekda Dompu (paling kanan), Rabu 24 Januari 2024. (foto:KM)

KM Bali 1, Dompu-Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Dompu mencatat prestasi gemilang pada tahun 2023. Berlokasi di Gedung Klaster II Lt. 1 Jln. Bhayangkara Nomor 12 Kelurahan Bada Dompu, Dinas PMPTSP dikepalai oleh Ir. H. Fakhruddin A. Wahab, M.Si., telah terbukti memimpin dengan efektif, mengukir capaian di atas target yang menandai dedikasi dan kinerja optimal.

Pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) menjadi salah satu sorotan utama dengan berhasilnya Dinas PMPTSP melampaui target yang ditetapkan sebesar 350 Juta Rupiah, mencapai angka fantastis sebesar 432 Juta Rupiah.

Tidak hanya itu, pelayanan publik dari Dinas ini juga mengalami peningkatan signifikan. Skor pelayanan yang semula berada dalam kategori C berhasil melonjak menjadi B+, menurut penilaian Kementerian Dalam Negeri dan Kemenpan RB, mencerminkan komitmen tinggi terhadap layanan masyarakat.

"Alhamdulillah, sekarang kami berhasil meningkatkan peringkat dari C ke B Plus untuk kategori pelayanan Publik", Ungkap Ir. H. Fakhruddin A. Wahab, M.Si saat diwawancara media ini Pekan lalu.

Prestasi pada Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) juga menjadi pencapaian membanggakan, dengan Dinas PMPTSP masuk dalam 3 besar OPD yang memberikan sumbangsih tertinggi terhadap peningkatan poin Kabupaten Dompu. Kabupaten tersebut bahkan mencatat peningkatan nilai dari 1000 poin pada tahun sebelumnya menjadi 5000 poin hingga akhir 2023.

Ir. H. Fakrudin juga menyebut, Dinas PMPTSP mencatat peningkatan penilaian dari OMBUDSMAN. Pemda Dompu juga memberikan penilaian A terhadap Sistem Akuntabilitas Kinerja dan Keuangan Perangkat Daerah (SAKKPD) dan Dinas PMPTSP, meningkat dari nilai B pada tahun sebelumnya.

Kepala Dinas PMPTSP Dompu Ir. H. Fakhruddin A. Wahab, M.Si (Kanan) saat menerima dua penghargaan sekaligus dari Bupati Dompu H. Abdul Kader Jaelani (Kiri). Penghargaan yang diraih adalah Pelayanan Publik Terbaik dan laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dengan nilai A. [Foto: KM]

Sebagai apresiasi terhadap capaian luar biasa, Pemerintah Daerah Dompu mempercayakan Dinas PMPTSP untuk mencapai target baru yang lebih tinggi. Penandatanganan Perjanjian Kerja dengan seluruh Pimpinan OPD Kabupaten Dompu pada Rabu, 24 Januari 2024, menetapkan tiga poin strategis: mencapai target investasi sebesar 3200 Triliyun Rupiah, meningkatkan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) hingga 79,4%, dan mengembangkan strategi untuk meningkatkan PAD dari sektor retribusi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) hingga mencapai 500 Juta Rupiah.

Dengan prestasi cemerlang pada tahun 2023, Dinas PMPTSP Dompu siap menghadapi tantangan baru dan terus berkontribusi pada pembangunan dan kemajuan Kabupaten Dompu.

Dengan prestasi ini Fakhruddin berharap Pemda Dompu dapat memberikan dukungan lebih kepada OPD yang berhasil meningkatkan kinerja secara signifikan terutama dari sisi porsi penganggaran.

"kami dapat mengatakan bahwa Dinas PMPTSP cukup membuktikan keseriusannya dalam mendukung visi dan misi pembangunan yang telah di gagas Bupati Dompu saat ini", sebutnya. [KM/adv]

Posting Komentar

 
Top