Foto Kepala Dinas Sosial Kabupaten Dompu, Abdul Haris. 

KM Bali 1 Dompu - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Dompu Bakal menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) di awal tahun 2024 ini. Untuk program BLT Pemerintah Daerah menyiapkan anggaran sebesar Rp. 1 milyar. 

"Bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan dasar, sembako maupun Gizi, dengan nominal bantuannya sebesar Rp. 250.000 perbulan, selama empat bulan." ujar Kepala Dinsos, Abdul Haris, Senin (29/1/2024) di ruangan kerjanya kemarin. 

Jadi per-KK masing-masing mendapatkan Rp. 1.000.000, selama empat bulan, terhitung bulan Januari sampai bulan April Tahun 2024 ini. 
BLT akan disalurkan kepada masyarakat sekitar bulan April mendatang. Kategori penerima BLT harus terdata dalam kemiskinan ekstrim. Tapi yang dipriotaskan itu, kata Abdul Haris masyarakat yang masuk kategori kemiskinan sangat ekstrim. 

Abdul Haris menyebutkan angka kemiskinan di Kabupaten Dompu tercatat sebanyak 16.803 KK. Dari jumlah itu kategori kemiskinan sangat ekstrim sebanyak 151 KK. Sementara kategori kemiskinan ekstrim 8.134 KK dan kemiskinan tidak ekstrim sebanyak 8.518 KK. 

Haris kembali menjelaskan sebanyak 1.000 KK yang akan menerima bantuan tersebut dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024. Sebelum menetapkan sasaran penerima bantuan, para tim akan melakukan verifikasi dan validasi data, hingga diterbitkan SK-Bupati. 

Haris berharap bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah melalui Dinsos nanti betul-betul dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dasar. (As). 

Posting Komentar

 
Top