1.       Senin, 02 April 2012
Lokasi : Di Rumah kami
Materi : Seorang siswa SMK di Dompu bernama David datang mengunjungi kami dan meminta saran tentang tempat kuliah yang bagus. Kami menyarankan agar dia mencari tempat kuliah yang murah namun cukup berkualitas. Selain itu juga perlu memperhatikan minat diri serta jurusan yang sudah dimasuki slama menjadi siswa SMK yakni JurusanTeknik Komputer dan Jaringan.

2.       Kamis, 05 April 2012
Lokasi: Lab. Multimedia SMKN 1 Dompu
Materi: Siswa Smk bernama Nunung yang sudah mengikuti UAN  saat ini, sebelumnya berkonsultasi dengan kami tentang niatnya ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Namun, Nunung ragu akan kemampuan ekonomi orang tuanya. Kami sarankan agar mencari Beasiswa yang banyak di infokan di internet seperti di blog kami KM Bali 1. Selain itu, kami juga sarankan agar dirinya memberi pengertian serta semangat pada orang tuannya tentang pentingnya melanjutkan sekolah ke Perguruan Tinggi.

3.       Jum’at, 06, April 2012
Lokasi: Taman Kota Dompu
Materi:  Kami berdiskusi dengan beberapa rekan dari kalangan pers seperti Ovan Bara (TV One), Pak Ipul, Pak Yos, dan Pak Yamin. Rekan-rekan mengeluhkan banyaknya wartawan yang kurang terampil dalam menulis sebuah berita. Kami menyarankan agar teman-teman mengadakan kegiatan pelatihan/Workshop Jurnalis bagi teman-teman wartawan yang kurang memiliki keterampilan dalam hal tersebut. Kegiatan pelatihan dapat dilakukan secara gratis dengan bantuan sponsor atau dengan biaya rendah.

4.       Sabtu, 07 April  2012
Lokasi : Rumah Farid Desa Adu Kecamatan Hu’u
Materi: dia menceritakan tentang keadaannya yang ingin melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi namun melihat keadaan ekonomi orang tuanya, dia kemudian berencana menekuni bisnis. Tetapi ia belum menemukan bisnis yang cocok untuk dirinya. Karena lokasi rumahnya yang srategis yakni di jalan lintas menuju pantai Lakey, kami menyarankan agar Farid membangun sebuah usaha bisnis cedera mata/atau oleh-oleh khas Dompu. Bisnis ini kami nilai cukup memiliki prospek karena belum ada yang memulai bisnis ini di lokasi jalan lintas lakey, juga bisnis ini mendukung program pemerintah di bidang pariwisata.

5.       Selasa, 10 April 2012
Lokasi: Kamar Kost Kami selama road to Makassar
Materi: Ketua Ikatan Mahasiswa Kecamatan Woja-Makassar, Feron menceritakan tentang niatnya untuk membangun organisasinya dengan baik. Kami menyarankan untuk tidak semata-mata mengharapkan bantuan ke pihak pemerintah saja tetapi juga dapat melakukan kegiatan-kegiatan kreatif yang dapat menunjang pemasukan organisasi seperti menjual marcindais seperti gantungan kunci maupun barang-barang kreasi lain yang memiliki nilai ekonomis. Juga menyelanggarakan kegiatan bermanfaat yang memberi kontribusi materil.

6.       Jum’at 13 April 2012
Lokasi : Kamar Kost kami di Makassar
Materi: Seorang Mahasiswa Dompu curhat pada kami tentang keadaan kuliahnya. Bahwa orang tuanya jarang mengirimkan duit bulanan. Dia mengatakan orang tuanya tidak percaya bahwa dia masih kuliah tapi hanya bermalas-malasan saja. Padahal menurut Agus dugaan ortunya tersebut tidak benar. Dia tetap kuliah seperti biasa. Namun dirinya mengakui bahwa kuliahnya sempat terbengkalai karena dia hanya bermalas-malasan saja. Tapi sekarang agus sudah berubah. Ortunya masih belum percaya. Kami sarankan agar agus memberi pemahaman pada ortunya dengan membuktikan seperti menyerahkan salinan hasil belajarnya kepada ortunya agar kembali percaya lagi. Kami juga memberi pengertian kepada agus bahwa kuliah itu sangat penting sebagai langkah awal dalam memperbaiki hidup di dunia maupun di akhirat. Bahwa dia harus tetap semangat dalam menjalani hidup, tidak kembali terlalaikan oleh nikmatnya masa-masa kuliah yang mungkin dapat mengalihkan perhatian kita dari fokus sebenarnya yaitu mendapat ilmu dan meraih gelar sarjana seperti yang diharapkan para orang tua.

Posting Komentar

 
Top