KM Bali 1-Gizi Buruk yang dialami Balita memang sudah menjadi masalah Nasional. Setiap tahun kurang lebih ribuan balita di Indonesia mengalami masalah gizi buruk ini. Balita penderita Gizi Buruk keseluruhannya dialami oleh keluarga yang berstatus ekonomi tidak mampu atau yang berada pada garis kemiskinan.
Menanggapi hal tersebut, Pemerintah dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu menyelenggarakan Kelas Gizi pada tiap Desa dan Kelurahan se Kabupaten Dompu. Sekitar pukul 08:00 wita pagi tadi Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Pemerintah Kelurahan Bali Satu mengadakan kegiatan Kelas Gizi yakni memberikan bantuan makanan tambahan serta menimbang Balita-Balita dari Keluarga yang berdomisili di kampung setempat. Selain memberikan makanan tambahan yakni Bubur kacang ijo, Dikes juga memberikan pelatihan singkat kepada ibu-ibu rumah tangga tentang cara meracik FORMULA 100 (F100).
Kamrun, SH dan Dr. Laila Soraya
Dr.Laila Soraya Kepala Puskesmas Dompu menjelaskan, F100 merupakan makanan pengganti bagI balita yang terbuat bahan – bahan yang mudah didapat dan memiliki harga yang terjangkau. F100 ini dapat dibuat sendiri oleh para ibu rumah tangga sebagai makanan pengganti yang memenuhi syarat-syarat gizi 4 sehat 5 sempurna. Dr. Laila Soraya menjelaskan bahan pembuatan dari F100 ini adalah Gula Pasir, Susu kental manis, minyak sawit (Minyak Goreng biasa), Kcl dan Air.”balita kan masih susah mencerna makanan-makanan 4 sehat 5 sempurna seperti orang dewasa seperti daging dan lain-lain, lagi pula harganya tidak dapat dijangkau oleh masyarakat. Sehingga F100 merupakan solusi untuk mengganti makanan sehat tersebut agar terhindar dari Gizi buruk”, jelas Dr. Laila.
Disamping itu, Lurah Bali Satu Kamrun, SH juga mengatakan bahwa di kampungnya terdapat kurang lebih 10 anak penderita Gizi Buruk dan diundang dalam acara kelas gizi yang bertempat di aula secretariat kantor Lurah Bali Satu.”semua anak penderita gizi buruk kami ndang dan Alhamdulillah semua datang ke sini”, kata pak lurah Bali Satu.[Wo2]

  • Silahkan Download Juga buku pedoman pelayanan Gizi Buruk Disini

Posting Komentar

 
Top