KM Bali 1-Sebenarnya inilah inti dari penjelasan yang dipaparkan oleh penulis saat mengisi materi dalam kegiatan pelatihan para Penyuluh Pertanian yang diadakan oleh Dinas Pertanian Prov. NTB dan kantor KP3 Kab. Dompu Jum'at baru-baru ini di Hotel Tursina Dompu.

Dalam Kegiatan tersebut Penulis diminta atau lebih tepatnya direkomendasikan oleh Kepala Kampung Media untuk membawakan materi tentang Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) atau singkatnya Internet dalam pengembangan Bidang Pertanian. Dalam penjelasannya, penulis mengungkapkan pentingnya sarana internet dalam mendukung peningkatan inovasi dan kualitas produk di segala bidang khususnya produk pertanian yang dalam hal ini dihasilkan oleh para petani.

Internet secara praktis dapat memberikan informasi-informasi baru yang bermanfaat dan dapat langsung diaplikasikan secara tanpa batas. Internet juga dapat menjadi media komunikasi yang interaktif dan efektif.

Namun, Tanggung jawab dari sebuah media penyedia informasi tetap lah perlu dituntut minimal pertanggungjawaban moral dari efek informasi yang diberikan.

Keberadaan Www.kampung-media dapat menjadi jawaban dari kegelisahan publik akan adanya sajian informasi yang bermanfaat dan bertanggung jawab. Www.kampung-media adalah salah satu bentuk hasil karya publik sendiri dalam memenuhi kebutuhannya akan informasi dan perlunya berinteraksi di media yang serba tidak terbatas ini. Karena informasi yang disajikan di Kampung Media merupakan sajian dari Publik oleh publik dan untuk Publik. Sehingga Kampung Media menjadi salah satu cara publik sendiri agar bermanfaat bagi publik lainnya.

Penyuluh Pertanian Kabupaten Dompu merupakan warga potensial dari Kampung Media. Karena para Penyuluh merupakan sekelompok orang yang berhubungan langsung dengan Masyarakat kalangan bawah yakni petani. Petani, dalam kehidupan berbangsa ini, merupakan kalangan yang memegang peranan penting dalam pembangunan Bangsa indonesia. Karena Petani masih menjadi profesi mayoritas penduduk kita di Indonesia.

Dengan demikian, Para penyuluh dapat menjadi jembatan bagi pemerintah untuk berkomunikasi dengan para petani melalui sarana dengan menjadi salah satu warga (medaftar dan memiliki akun di Website) kampung Media.

Para penyuluh dapat mendafta di Website kampung media. setelah memiliki akun di Website ini, para penyuluh dapat langsung menulis dan menceritakan informasi-informasi baru terkait kegiatan keprofesiannya yakni tentang inovasi baru di duniapertanian, masalah yang dihadapu para petani maupun solusi yang ditawarkan demi peningkatan produksi pertanian. Jadi para penyuluh memiliki dua tempat berkomunikasi dengan para petani yakni Lapangan dan internet (Kampung Media).

Sedangkan untuk mengenalkan Petani dengan media yang relatif masih baru dikalangan mereka memerlukan usaha yang ekstra sabar. namun seiring berjalannya waktu, media ini akan dapat diterima dikalangan para petani. Asal kerja ini dilakukan secara bersama-sama dan tanpa henti.(Oz)

Posting Komentar

 
Top