KM Bali 1, Dompu-Tidak kurang dari 875 Serttifikat lahan yang diusulkan warga Kandai Dua melalui program pemuan sertifikat lahan gratis tahun 2011 lalu, saat ini menunggu untuk diaserahkan kepada warga yang berhak. Meski demikian, selesainya pengurusan sertifikat ini dinilai lamban oleh sejumlah masyarakat.

Terkait hal tersebut, Kepala Bagian Pendaftaran Lahan Kantor Pertanahan Damsus, SH menjelaskan penyebab keterlambatan terbitnya sertifikat ini adalah dua hal yakni lambannya warga memberikan data yang lengkap tentang lahannya. Sedangkan kendala yang kedua adalah pensiunnya Kepala Kantor Pertanahan yang menjabat pada saat pembuatan sertifikat tersebut yakni Nyoman Wiryawan sehingga semua sertifikat harus dikirim ke Provinsi Bali Untuk ditandatangani olehnya.

Menurut Damsus sertifikat tersebut sudah cukup lama diterbitkan, dan pihak dari Kantor Pertanahan sudah menginformasikan kepada pihak kelurahan agar warga segera mengambil sertifikat lahannya masing-masing. Hingga kini warga belum juga ada yang mengambil sertifikat lahannya."sampai sekarang belum ada warga yang datang untuk mengambil sertifikatnya. Padahal kami sudah memberitahukan melalui Kelurahan", jelas Damsus.

Namun saat dikonfirmai kepada pihak kelurahan Kandai Dua, Sekretaris Kelurahan setempat menyatakan tidak mengetahui bahwa sertifikat warga yang diusulkan tahun 2011 itu telah terbit."sampai saat ini kami belum mendengar informasi lanjutan terkait berkas penerbitan sertifikat yang kami usulkan 2011 itu", pak Zalal, Sekretaris Lurah Kandai Dua yang juga dibenarkan oleh Kepala Lingkungan Kandai Dua Barat Kelurahan Kandai Dua Rabu (5/10) lalu.(Oz)

Posting Komentar

 
Top