KM Bali 1, Dompu-Tepatnya Senin (13/10) sejumlah masyarakat warga Desa Mbawi Kecamatan Dompu pukul 9:00 wita mendatangi Kantor Bupati Dompu. Sejumlah masyarakat yang terdiri dari tokoh pemuda ini bermaksud untuk menemui Bupati Dompu guna membahas sejumlah keluhan masyarakat seputar Irigasi pertanian di Desa setempat yang saat ini kondisinya tertutup timbunan tanah longsoran gunung didekatnya.
Tidak kurang dari 20 meter jalur irigasi yang tertimbun oleh tanah longsoran. Akibatnya, menurut penjelasan Sarul Ramadhan salah satu warga yang ikut dalam dialog tersebut, air hujan yang harusnya melewati jalur irigasi tersebut terhalang sehingga meluap ke areal pertaniaan warga setempat. Akibat meluapnya air ini, lahan-lahan pertanian warga rusak akibat diterjang luapan air irigasi,”hal ini menjadi salah satu keluhan kami kepada bupati”, ungkap Sahrur Ramadhan.
Menurut warga, kejadian ini sudah berlangsung sejak tahun 2010,”Kami sudah mengusulkan program kepada pemerintah berupa proposal namun hingga saat ini belum juga ditanggapi”, jelas ramadhan. Dalam dialog dengan Bupati Dompu yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum ini masyarakat Desa mbawi meminta kepada Bupati Dompu H. Bambang M.Yasin untuk mengangkat keluar timbunan tanah yang menutupi saluran irigasi yang berlokasi di kawasan pegunungan Dusun Ragi Desa Mbawi itu serta memasang Bronjong di sepanjang saluran irigasi untuk mencegah tertimbunnya saluran irigasi apabila terjadi longsoran dari gunung.
Dijelaskan pula saluran irigasi dusun Ragi ini termasuk salah satu infrastruktur vital bagi masyarakat setempat terutama Petani. Betapa tidak, saluran irigasi yang lokasinya tepat berada dibawah kaki gunung ini menjadi sumber suplai air satu-satunya bagi lahan pertanian warga seluas 7 Hektar. Dengan tertimbunnya saluran irigasi ini, lahan pertanian mengalami kekurangan air. Masa panen pun hanya dapat dilakukan 2 kali dalam setahun,” padahal jika saluran irigasi ini diperbaiki, maka para petani dapat panen sebanyak 3 kali setahun,” ungkap warga lainnya.
Dalam dialog tersebut, Bupati berjanji kepada warga akan segera melakukan peninjauan langsung hari itu juga dan memerintahkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Abdul Muis untuk segera menindak lanjuti keluhan warga ini. Usai Dialog masyarakat mengungkapkan rasa puasnya dan dapat pulang kembali ke Desanya.”kami senang keluhan kami langsung ditanggapi Bupati”.[Oz]

Posting Komentar

 
Top