KM Bali 1, Dompu-Masyarakat perlu berhati-hati dengan berbagai modus penipuan yang dilakukan oleh banyak sindikat di negeri ini. Sindikat penipuan kini sudah menargetkan sasarannya pada daerah maupun kota-kota kecil seperti Kabupaten Dompu.

Berdasarkan hasil investigasi Kampung Media beberapa waktu lalu, para penipu yang memanfaatkan kepolosan masyarakat dompu ini tidak tanggung-tanggung menjanjikan hadiah dengan nilai yang tidak sedikit. Berkisar hingga ratusan juta rupiah.

Sindikat penipuan Hadiah langsung misalnya, para penipu yang bekerja secara berkelompok ini tidak ragu mendompleng merk terkenal sebagai sponsor Hadiah. Untuk membuat korbannya percaya, mereka juga mencantumkan nama-nama pejabat terkenal dikalangan Kepolisian RI dan pemerintah.

Modusnya, mereka membuat kupon berhadiah yang dibungkus rapi dengan plastik bersama dengan surat-surat berstempel Polri. Gunanya untuk membuat korban percaya bahwa kupon tersebut memang benar asli dan berhadiah Satu Unit Mobil Mewah.

Selanjutnya Kupon-kupon berhadiah yang dibungkus rapi itu, dibawa oleh dua orang menggunakan sepeda motor matic warna merah untuk kemudian di sebarkan di kampung-kampung atau kompleks perumahan. seorang bertugas mengendarai motor dan yang dibelakang (yang dibonceng-red) bertugas untuk diam-diam melemparkan kupon-kupon tersebut di depan gerbang rumah-rumah warga. Biasanya, sasaran mereka adalah rumah -rumah warga yang taraf ekonominya lebih mapan.

Dalam kupon tersebut sudah tertera nomor yang harus dihubungi calon korban yang tertarik dengan iming-iming hadiah yang dijanjikan dalam kupon tersebut. Apabila sang calon korban menghubungi nomor tersebut, maka para sindikat penipuan ini mulai menjalankan aksinya dengan mempengaruhi korbannya agar mau mentransfer sejumlah uang untuk mengurus penyerahan hadiah yang katanya akan diterima korban.

Dalam aksinya ini para penipu mampu menguras uang yang ada di rekening korbannya hingga berjumlah puluhan juta rupiah. Hingga kini, modus penipuan ini masih berlangsung. Contohnya di Linkungan Pelita Kelurahan Bada Kecamatan Dompu.(Oz)

Posting Komentar

 
Top