Pekat, KM Bali 1-Perhelatan Akbar yang digelar pemerintah Kabupaten Dompu setiap tahun yakni Festifal Gunung Tambora tidak hanya menarik minat masyarakat Dompu saja untuk berkunjung tetapi juga wisatawan dari luar Dompu maupun manca Negara. Akibatnya, ledakan pengunjung yang dari masyarakat local maupun masyarakat luar ini membuat jalan lintas dari dan menuju lokasi Festifal yakni di padang sabana Doro Ncanga Kecamatan Pekat macet total karena banyaknya kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang berlalu lalang.
Terlebih lagi saat terjadi arus balik setelah acara puncak. Kendaraan pengunjung yang kembali setelah selesai menyaksikan festifal tersebut menjadikan lalu lintas jalur Doro Ncanga Penuh sesak oleh kendaraan. Saking macetnya, kendaraan pengunjung terpaksa harus menunggu berjam-jam sebelum kemacetan dapat terurai.
Kemacetan ini diperparah lagi oleh adanya kecelakaan mobil warga yang juga pulang dari menyaksikan festifal tambora tersebut. Selain itu, ledakan pengunjung yang memadati spot wisata Mada Oi Hoddo yang memarkir memarkir kendaraannya di separuh badan jalan jalur utama dan satu-satunya dari dan menuju lokasi festifal menambah lengkap kondisi buruk lalu lintas di lokasi tersebut.
Namun menariknya, kendisi tersebut menggugah hati seorang komandan tertinggi Kepolisian Di Kabupaten Dompu yakni AKBP Brury S untuk turun langsung kejalan guna menatur lalu lintas pengendara yang melewati jalur mada Oi Hoddo itu. Tak pelak, aksi simpati ini menuai pujian dari warga masyarakat Dompu bahkan dari ketua DPRD Dompu Yuliaddin.
Kekaguman Ketua DPRD Dompu ini kepada Kapolres Dompu ini ditujukkannya dalam status akun pribadinya di situs jejaring social Facebook dengan nama Yuliadin Bucek. Ia menuliskan bahwa ditengah kemacetan yang begitu parahnya, sehingga membuat masyarakat resah, kepanasan dan kehausan, Kapolres Dompu AKBP Brury S rela turun langsung ke jalan bertindak sebagai polisi petugas lalu lintas demi mengurai kemacetan dijalan tersebut.
Bahkan saat mengatur lalu lintas, Brury S juga sempat berpapasan dengan salah seorang anggota Polisi Lalu lintas yang melewati jalur tersebut. Karena melihat pimpinannya yang rela turun langsung, sang petugas itu pun langsung menghentikan kendaraannya dan ikut membantu mengatur lalu lintas bersama Kapolres.
Berikut kutipan status Ketua DPRD Dompu yang diunggahnya 16 april lalu; “macet di kawasan pemandian mada oi hodo, saat arus balik festival pesona Tambora, 16/4/16 kemarin, sehingga ratusan kendaraan baik roda 2 maupun roda 4 harus mengantre berjam2 lamanya, dan kondisi ini membuat warga kepanasan dan kehausan dan terpaksa tumpah ruah di pinggir pantai hodo, dan yang lebih luar biasa bapak Kapolres Dompu (AKBP Brury S) langsung turun ke jln. Mengatur arus lalu lintas dan walhasil kemacetan lambat laun bisa terurai. Lebih unik lagi saat BPK kapolres sibuk mengatur kendaraan, nah ada polisi lalu lintas juga lewat di depan kapolres (lihat gambar)., ini luar biasa Bapak Kapolres kita semoga ini menjadi tauladan,,,,” demikian statusnya.
Tak menunggu lama, hanya dalam tempo 22 jam sejak status tersebut di unggah, sudah disukai oleh tak kurang dari 141 nettizen, dan mendapat komentar positif dari nettizen lainnya.[Oz]

Posting Komentar

 
Top