KM Bali 1 Dompu - Dinas Perpustakaan mengadakan Sosialisasi tentang Program Pengembangan Perpustakaan berbasis Teknologi dan Komunikasi sekaligus kearsipan Kabupaten Dompu. Rabu, (1/3) bertempat di Rumah Makan Anisa Jln. Mahoni No. 41 dari mulai Pukul 10.00 sampai pukul 11.30. dengan tujuan untuk pengembangan SDM untuk perpustakaan di tiap-tiap Desa.

Dalam sosialisai tersebut dihadiri 4 Desa, yakni Desa Mangge Na’e, Desa Cempi Jaya, Desa Wawonduru dan Desa Kadindi, ke empat Desa tersebut masing-masing  mendapatkan Stimulasi 3 Unit  perangkat Leptop/Komputer, bantuan tersebut diberikan oleh CocaCola Foundation Indonesia melalui program Perpuseru Kabupaten Dompu.

Ardiansyah, S.Hum selaku Fasilitator Perpuseru mengatakan program Pengembangan Perpustakaan berbasis teknologi dan komunikasi ini mempunyai harapan dan tujuan kedepannya yakni supaya menjadikan perpustakaan-perpustakaan Desa atau Daerah itu sebagai pusat kegiatan Masyarakat yang berbasis Teknologi dan komunikasi, “jadi ketika masyarakat ini dilibatkan mereka tidak hanya membaca Buku tetapi mampu mengaktifkan program-program kegiatan Desa dan di Desa sudah tersedia layanan internet gratis”, jelas Ardiansyah.

Lebih jauh Ardiansyah menyampaikan harapannya kedepannya, “Mudah-mudahan perpustakaan Desa atau kota ini mampu mengakses semua kegiatan-kegiatan yang dilakukan di Desa atau di perpustakaan itu sendiri dan mampu mengakomodir semua kegiatan-kegiatan masyarakat yang kita laksanakan”, Tutur Ardiansyah saat diwawancarai oleh wartawan Kampung Media setelah kegiatannya pekan lalu.

Sementara di pihak Desa sendiri dengan adanya batuan ini mereka sangatlah senang, salah satu Kepala Desa Cempi Jaya Furkanul iman “dengan adanya Program Perpustakaan Desa ini kami harapkan disamping masyarakat itu minat bacanya tinggi tentu sekali dari sisi Ekonominya. dengan perpustakaan ini masyarakat belum mengerti, Belum faham dengan kegiatan-kegiatan kreatifitas seperti ketering, masak, Budi daya Tambak, jagung dan lain-lain dengan adanya persiapan beberapa Buku maka diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan Buku-buku itu”, Tandasnya

lebih jauh Furkanul iman “kami sangat senang apa lagi kemarin kami mendapatkan bantuan berupa Buku tetapi dengan adanya tambahan bantuan Leptop ini mudah-mudahan kedepannya perpustakaan Desa ini menjadi barometer masyarakat, sehingga Masyarakat nanti kesejahteraan lebih meningkat dari pada membaca Buku”, tuturnya saat diwawancarai oleh wartawan kampung Media setelah kegiatannya pekan lalu.

Drs. H. Sudirrman Hamid selaku PLT Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan Daerah Kabupaten Dompu “Dengan adanya hal-hal positif untuk pengembangan Pustakaan Desa CocaCola Foundation Indonesia memberikan bantuan Stimulasi 3 Unnit Leptop dan dari pembina melalui dana ADD dan DD nya bisa meprogramkan dari sekian banyak desa dan Kelurahan yang ada di kabupaten Dompu ini bagaimana meningkatkan Sumber Daya Manusia melalui transpormasi melalui pustakaan Desa”, Tuturnya, saat dikonfirmasi Via Henpon Selulernya pekan lalu. [poris]

Posting Komentar

 
Top