KM Bali 1 Dompu - Pelatihan strategi pengembangan perpustakaan dan TIK pengembangan perpustakaan berbasis teknologi, informasi dan komunikasi yang diadakan oleh Dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten Dompu dari mulai pukul 09.00 sampai 15.30 wita pelatihan tersebut diadakan selama 4 hari dari mulai hari senin tanggal 6 sampai hari kamis tanggal 9 April 2017 pekan lalu.

Kegiatan pelatihan yang bertempat di Gedung Pemuda itu dipandu langsung oleh Ardiansyah, S.Hum selaku Fasilitator Perpuseru dan dihadiri 4 Desa yang mengikuti sosialisasi di rumah makan Anisa sepekan lalu, diantaranya Desa Mangge Na’e, Desa Wawonduru, Desa Cempi Jaya dan Desa Pekat. Ke Empat Desa tersebut Masing - masing mengutus 6 orang peserta dan ditambah 4 orang peserta dari instansi perpustakaan itu sendiri sehingga peserta yang hadir sejumlah 30 orang peserta.

Adapun tujuan pelatihan tersebut adalah untuk Meningkatkan pengetahuan peserta tentang pentingnya pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi juga Meningkatkan pengetahuan peserta tentang strategi-strategi pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi, baik keterampilan tentang pentingnya dokumentasi kegiatan perpustakaan maupun keterampilan dasar dan variasi metode fasilitasi.

Rohyani, SH. Selaku Sekretaris Dinas perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Dompu sangat mengingankan dan besar harapannya “apa yang mereka dapat selama pelatihan 4 hari ini bisa dikembangkan di masing-masing Desanya, karna bagaimanapun juga mereka telah diberikan strategi-strategi bagaimana upaya masyarakat itu berbondong-bondong membaca rajin ke perpustakaan untuk mencari informasi-informasi lewat media cetak atau media elektronik buku dan lain-lain”, tandasnya.

Lebih jauh Rohyani menyampaikan tentang harapannya untuk masyarakat pada umumnya yang masih di bawah garis kemiskinan yang ada di Kabupaten Dompu “kan masih tersisa 15 %  sekian tingkat kemiskinan di Kabupaten Dompu, mudah-mudahan dengan upaya Masyarakat lautan gemar membaca dan keterampilan, paling tidak dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia itu, kita bisa berkembang sehingga tingkat kemiskinan itu bisa diturunkan karna bagaimanapun juga, ketika manusia itu memiliki keterampilan dan pengetahuan wajib hukumnya mereka bisa mensejahterakan diri”, tuturnya saat diwawancarai oleh wartawan koran Kampung Media setelah kegiatan itu berlangsung. [poris]

Posting Komentar

 
Top