KM Bali 1, Dompu -Setelah mengikuti serangkaian pelatihan keterampilan IT dan keterampilan Pengelolaan Perpustakaan Berbasis Digital, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah melalui program PERPUSERU kamis, (6/4) belum lama ini menyerahkan masing-masing 3 unit Personal Computer (PC) kepada 4 Desa di Kabupaten Dompu.
Keempat Desa yang memperoleh Bantuan tersebut adalah Desa Mangge Na’e Kecamatan Dompu, Desa Wawonduru Kecamatan Woja, Desa Cempi Jaya Kecamatan Hu’u dan Desa Kadindi Kecamatan Pekat.
Bantuan Stimulan ini rencananya akan digunakan sebagai sarana pendukung dalam pengelolaan perpustakaan di masing-masing Desa berbasis digital.
Bantuan yang diserahkan secara langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintahan H. Sudirman Hamid.
Dalam kata pengantarnya Drs. H. Sudirman Hamid mengatakan secara Nasional prosentase minat baca masyarakat di Indonesia masih rendah. “secara nasional, rata-rata masyarakat kita hanya menghabiskan waktu 2 jam saja untuk membaca. sedangkan di negara-negara lain yang sudah maju seperti Jepang, masyarakatnya sudah menghabiskan waktu 16 jam per hari untuk membaca”, kata H. Sudirman.
Lebih lanjut, H. Sudirman Hamid yang juga menjabat sebagai PLT Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah ini juga mengungkapkan meningkatnya pendapatan perkapita serta daya beli masyarakat Dompu saat ini dapat terwujud karena daya dukung ekonomi Kabupaten Dompu yang juga kian meningkat pula. “tentunya ini berkat berhasilnya program unggulan Pemerintah Kabupaten Dompu yakni Pijar yang kemudian berubah Jadi Terpijar”, ungkapnya.
H. Sudirman Berharap Bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah Dompu ini dapat dimanfaatkan serta dijaga  dengan baik. Ditambahkannya pula, Pemerintahan Desa selayaknya lebih bersemangat dalam membangun Perpustakaan di Desa masing-masing sebagai sarana transformasi ilmu dan informasi demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Senada dengan itu, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Rohyani, SH menegaskan bahwa bantuan yang diberikan tersebut merupakan bantuan stimulan sehingga membutuhkan dukungan serta peran aktif Desa penerima bantuan untuk melanjutkannya dengan program-program penganggaran melalui penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).
Dalam kegiatan tersebut, Acara diakhiri dengan penyerahan secara simbolis Bantuan berupa PC masing-masing 3 unit kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara serah terima barang.[KM Bali 1]

Posting Komentar

 
Top