KM Bali 1, Dompu-Pembinaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Dompu dalam meningkatkan minat baca dan kreatifitas masyarakat kini makin terlihat hasilnya. Hal ini Nampak dari berhasilnya Perpustakaan Desa dan Sekolah yang telah dibina tersebut meraih prestasi di tingkat Provinsi NTB.
Pemberdayaan yang telah dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Dompu ini antara lain mengadakan pelatihan computer bagi masyarakat umum di Desa dan Kelurahan. Selain itu Dinas yang memiliki koleksi ribuan buku ini juga bahkan memberikan bantuan seperti unit computer kepada 4 desa, salah satunya adalah  Desa Mangge Na’e yang kini berhasil meraih prestasi di tingkat Provinsi tahun 2017 ini.
Selain memberikan bantuan, Dinas Perpustakaan juga memberikan pemberdayaan kepada aparat Desa dalam bentuk pelatihan manajemen pengelolaan perpustakaan di desanya masing-masing.
Sekretaris Dinas Perpustakaan Rohyani, SH dalam sebuah wawancara dengan Koran ini pekan lalu mengatakan prestasi yang telah diraih ini merupakan hasil kerja dari semua pihak terutama sekolah atau Desa yang bersangkutan. “ini merupakan hasil kerja dari semua pihak terutama sekolah dan desa yang bersangkutan”, ungkapnya.
Dirincikannya, Desa yang memperoleh prestasi ini adalah Desa MAngge Na’e Kecamatan Dompu berhasil meraih penghargaan Lomba Perpustakaan tingkat Desa dan Kelurahan se provinsi NTB. selain itu penghargaan Lomba perpustakaan sekolah tingkat Provinsi NTB diraih oleh SMAN 1 Woja sebagai juara ke 3, dan lomba bercerita bagi sekolah Dasar tingkat NTB diraih oleh siswa SD-IT Al-Hilmi Dompu Early Adya Putri sebagai juara Harapan II.
Ketiga pengharagaan cukup bergengsi tersebut langsung diserahkan oleh Bupati Dompu dalam Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional 22 Mei lalu. Rohyani mengungkapkan penyerahaan penghargaan oleh Bupati Dompu ini sengaja diatur agar para juara dapat lebih termotivasi lagi untuk meningkatkan prestasinyadan bekerja dengan baik dalam menarik minat baca dan menambah pengetahuan masyarakat.[Oz]

Posting Komentar

 
Top