KM Bali 1, Dompu-Dinas Koperasi dan UKM Dompu dalam salah satu tugasnya sebagai pembina Koperasi dan perkembangan UMKM di Kabupaten Dompu diketahui telah berhasil meningkatkan PDRB Daerah setiap tahunnya.

Hal ini diketahui dari Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) yang dirilih oleh instansi setempat tahun 2020 dn tahun 2019.

Laporan tersebut mencatat bahwa di tahun 2019 Dinas Koperasi Dan UKM sudah mampu mengembangkan PDRB sektor Koperasi senilai 180 Milliar Rupiah atau 99 persen dari nilai yang ditargetkan pada tahun berjalan yakni sebesar 182 Milliar Rupiah.

Sementara itu, di Tahun 2020 nilai PDRB sektor ekonomi Koperasi meningkat dari 180 M tahun 2019 menjadi 284,21 Milliar Rupiah.

Dengan demikian, Dinas Koperasi dan UKM Dompu berhasil menumbuhkan Ekonomi Koperasi hingga 2,33 Persen pada tahun 2020 lalu.

Peningkatan ini menurut penjelasan Kasubag Program Pelaporan dan Keuangan Dinas Koperasi dan UKM Dompu Abdi Muslimin Pada suatu kesempatan April lalu di ruang kerjanya, tidak lepas dari peran pembinaan yang intens dilakukan oleh pihaknya terhadap sejumlah Koperasi di Kabupaten Dompu.

Melalui petugas pembinaan yang diterjunkan langsung ke lapangan pihaknya membantu Koperasi dalam hal melaksanakan Rapat Akhir Tahun (RAT), membantu manajemen Koperasi serta pengelolaan keuangannnya sehingga lebih tertib dan meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

"Yang rutin kami lakukan adalah pembinaan kepada gerakan koperasi, terutama mendorong koperasi untuk melaksanakan RAT melalui petugas penyuluh lapangan yang sudah diterjunkan. Selain itu, petugas pendamping juga membantu Koperasi dalam soal Manajemen. Inilah salah satu faktor yang meningkatkan PDRB", jelasnya.

Tidak hanya itu, Dinas Koperasi dan UKM Dompu setiap tahun terus meningkatkan target pencapainnya. Pada tahun 2019 target pencapaian PDRB sektor ekonomi Koperasi sebesar 182 Milliar. Sementara itu pada tahun 2020 meningkat menjadi 190 Milliar.

Pada tahun 2021 instansi yang menangani Koperasi dan UKM ini kembali meningkatkan target pencapaiannya menjadi 197 Milliar.

Abdi Muslimin menyebutkan target tersebut dipasang berdasarkan tren optimisnya prores kinerja pihaknya yang tiap tahun juga mengalami peningkatan.

"Peningkatan target capaian PDRB ini dilakukan setelah melihat tren capaian kinerja kami yang juga meningkat", sebutnya.(Adv)

Posting Komentar

 
Top