KM Bali 1, Dompu-Dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat, Pemerintah Kabupaten Dompu menggelar pelaksanaan Solat Ied 1 Syawal 1442 Hijriah di Lapangan Beringin Pendopo Kabupaten Dompu Rabu, (13/05) lalu.

Warga yang akan melaksanakan Solat Ied diwajibkan menggunakan Masker, mencuci tangan atau menggunakan Hand Sanitizer sebelum bergabung dengan jama'ah yang lain.

Seperti biasa, sebelum Solat Ied dimulai, Bupati Dompu memberi sambutan di hadapan seluruh Jama'ah. Tahun ini adalah perayaan Idul Fitri pertama Kader Jailani setelah mendapat amanah sebagai Bupati Dompu sejak Februari 2021 lalu.

Dalam pidato sambutannya di hadapan Jama'ah Solat Ied Rabu lalu Bupati menekankan pentingnya mensyukuri anugerah Allah SWT yang sudah diberikan terutama bagi Petani Jagung di Kabupaten Dompu.

Bupati menyebutkan meningkatnya harga jual Jagung pada musim panen ini perlu dibarengi pula dengan kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian hutan di Dompu.

Namun harapan Pemerintah Daerah tersebut tidak dapat dicapai tanpa peran serta masyarakat untuk bersama mencegah keluarga masing - masing melakukan aktifitas yang berpotensi merusak hutan.

"Langkah  - langkah Pemda dalam melestrikan hutan tidak akan bisa maksimal jika tidak dibantu seluruh elemen masyarakat Dompu untuk bersama mencegah dan melarang saudara maupun keluarga kita untuk sama-sama melarang dan menghentikan kegiatan yang merusak hutan dan gunung yang ada", tegas Bupati.

Pada kesempatan itu pula Bupati Dompu Kader Jailani mengajak semua lapisan masyarakat untuk mengambil pelajaran dari Bencana Alam Banjir yang menimpa beberapa wilayah di Kabupaten Dompu beberapa waktu lalu.

Bupati menekankan masyarakat untuk lebih memperhatikan kelestarian serta daya dukung alam sebelum memanfaatkan sumber daya yang ada di dalamnya. Sehingga bencana banjir tidak menjadi persoalan yang rutin harus ditangani setiap tahunnya.

"Dalam pengelolaan Hutan kita tidak tidak boleh berlebihan dengan hanya mengejar keuntungan ekonomi jangka pendek semata. Namun juga harus memikirkan kelestariannya dalam jangka panjang", imbaunya.

Bupati Dompu juga tidak lupa mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam melestrikan hutan dengan mulai menanam pohon-pohon pelindung untuk mengembalikan fungsi hutan yang saat ini sudah mulai berkurang.

"Pada kesempatan ini saya mengajajak kepada kita semua untuk mulai menanami lahan atau hutan kita dengan pohon pelindung yang dapat menangkal daerah atau masyarakat dari musibah dan bencana", kata Bupati.(Oz/adv)

Posting Komentar

 
Top