KM Bali 1, Dompu-Dalam memperingati Hari Kemerdekaan Rebuplik Indonesia (RI), yang ke 67, Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, menyemangati seluruh elemen masyarakat di Dompu, terus melakukan pembinaan dan mendidik anak-anak muda supaya tidak melakukan kejahatan. 

Berdasaran laporan situasi beberapa minggu terakhir ini, kasus kejahatan anak di bawah umur meningkat baik itu pelaku maupun korban. Terindikasi anak-anak sering keluar malam bersama teman temanya dengan membawa senjata tajam seperti anak panah. "Perkembangan situasi kambtimas di Kabupaten Dompu dua pekan terakhir ini meningkat kasus terkait adanya laporan kejahatan anak di bawah umur baik pelaku maupun korban." Ungkapnya, saat diwawancarai pasca upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan di halaman kantor Paruga Parenta Dana Nggahi Rawi Pahu, Dompu, Nusa Tenggara Barat. (Selasa,17/8/2021).

Menurutnya, emosi anak-anak mungkin kurang stabil, hilang kendali dari orang tua dan masyarakat sehingga anak-anak leluasa melakukan tindakan apa yang menjadi keinginannya tanpa memikirkan resikonya kedepan . "Disebabkan emosi anak kurang stabil sehingga banyak perkumpulan-perkumpulan yang mengakibatkan kegiatan yang tidak terkoordinir." Jelasnya.

Sementara data kelompok geng anak di bawah umur di Kabupaten Dompu Kata Kapolres, yang terindikasi terlibat dalam kejahatan tercatat 20 kelompok (geng). Kelompok tersebut yang dimonitori, pihaknya sudah mengidentifikasi, siapa ketua, anggota serta ciri ciri khasnya.  "Sementara yang sudah kita identifikasi kelompok remaja Dompu, ketua anggota dan ciri khas mereka  yang di monitor lebih kurang ada 20 kelompok." Bebernya. 

Sebagai upaya pencegahan dan mengurangi kejahatan anak-anak di bawah umur, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk pembinaan dan pendidikan yang baik supaya anak remaja tidak terlibat dalam hal-hal yang negatif.

Selain itu juga, orang tua, masyarakat perlu kerja sama yang baik dalam menjaga keamanan dan ketertiban. "Kita sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk terus diberikan pembinaan dan edukasi kepada anak remaja khususnya." Tegasnya

Kapolres Dompu berharap kepada seluruh elemen masyarakat untuk memberikan pembinaan kepada anak-anak muda supaya dapat berkembang dan berguna di masa depan. Anak-anak muda di kabupaten Dompu merupakan aset bangsa indonesia. "sebagai generasi penerus pemuda dan remaja adalah aset kita sebagai generasi  muda bangsa ini." Harapnya (As).

Posting Komentar

 
Top