KM Bali 1, Dompu-Terkait penajaman Program Jara Pasaka, Bupati Dompu, Kader Jaelani, menempuh langkah langkah strategis untuk mewujudkan masyarakat Dompu yang Mandiri, Sejahtera, Relegius (MASHUR).

Disamping berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat, Kader Jaelani juga akan mengembangkan potensi di beberapa sektor di Kabupaten Dompu, untuk diprioritaskan pada program, Jagung, Porang, Padi, Sapi, Ikan (JARA PASAKA). "Selama enam bulan ini kami terus genjot di sektor pertanian". Jelas, Kader Jaelani saat diwawancarai Media ini, pasca acara penutupan dan penyerahan hasil TMMD yang ke 112, di Pendopo, Kamis (14/10/2021).

Di akhir Tahun 2021 ini, lanjut Kader Jaelani, intens melakukan promosi beberapa pontesi dalam bentuk penajaman program yang dikembangkan baik pada sektor Peternakan, Perikanan dan Pertanian. Hal ini di lakukan supaya didukung oleh Pemerintah Pusat hingga pihak swasta. Pada aspek Pertanian, dikatakan, Petani jagung di bantu dengan memberikan bantuan bibit jagung yang berkualitas. "Kebutuhan masyarakat petani jagung saat ini adalah benih jagung yang bagus dan super". Terangnya.

Kader Jaelani menambahkan, disektor Peternakan dan Perikanan, Pemda Dompu berharap kepada Pemerintah Pusat agar mendukung prioritas program JARA PASAKA. Langkah-langkah strategis dilakukan ini supaya di sektor perikanan meningkatkan hasil produksi ikan.  Di sektor Peternakan juga dilakukan hal yang sama yakni bagaimana mensejahterakan masyarakat Dompu. "Kita juga harus meningkatkan pengolahan ikan di Desa Mbawi, Potensi disitu sangat luar biasa. Pengolahan ini harus di dukung oleh Pemerintah Pusat". Tandasnya.

Sementara anggaran disektor Pertanian melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik 2022 mendatang, Bupati Dompu, Kader Jaelani mendapatkan Dukungan dari Pemerintah Pusat. Bahkan bentuk pengelolaan anggaran tersebut dalam bentuk swakelola.  "Nanti kita lihat regulasinya". Pungkasnya. (As).

Posting Komentar

 
Top