Foto Kadis Kominfo Kab. Dompu, Abdul    Syahid SH

KM Bali 1, Dompu-Akses jaringan internet di Daerah Kabupaten Dompu dapat diakui belum merata. Pasalnya, beberapa titik di wilayah tersebut sebagian ditemukan areal blind spot atau tak terjangkaunya singal.

Berdasarkan hasil survey Dinas terkait, sejak tahun 2017 hingga tahun 2018 lalu, telah menemukan 10 titik blind Spot. 

Kepala Dinas (Kadis) komunikasi dan infomasi (Kominfo) Kabupaten Dompu, Abdul Syahid SH, membenarkan bahwa pihaknya telah melakukan survey untuk memastikan wilayah mana yang belum terjangku oleh jaringan internet. 

"Iya sebelumnya kita sudah melakukan survey akhirnya kita menemukan 10 titik wilayah blind spot," Akui Kadis Kominfo kepada wartawan Kamis (16/12/2021) di ruangan kerjanya, kemarin. 

Dari hasil survey 10 titik blind spot, lanjut Abdul Syahid, pihaknya telah menindaklanjuti terkait persoalan tersebut dengan cara menyurati ke Pemerintah Pusat yakni kementerian Komunikasi dan informasi. 

Dengan upaya itu, Pemerintah Daerah (Pemda) Dompu, akhirnya mendapatkan bantuan dari kementerian kominfo dalam mengatasi beberapa titik wilayah blind spot.

"Akhirnya kami menyurati di kementerian Kominfo sehingga tahun 2021 ini kita mendapatkan bantuan 8 titik menara," Tuturnya.

Proses pembangunan 8 titik menara yang tersebar di wilayah blind spot itu, masih Abdul Syahid, hingga saat ini sedang dilakukan pembangunan tower. Sementara sumber anggaran dalam pembangunan tersebut melalui sering dari Pemerintah Pusat dengan Pemda Dompu. Hal ini, Pemda Dompu hanya menyediakan lahan di area pembangunan menara dengan melakukan pembebasan lahan.

"Kita pakai sering, Pemda Dompu hanya menyediakan lahan," Katanya.

Sebaran pembangunan 8 titik menara dari 10 titik yang ditemukan blind spot, Abdul Syahid menyebutkan bahwa pembangunan menara itu tersebar dibeberapa Kecematan, diantaranya Kecematan Woja, Kecematan Dompu dan Kecematan Hu'u. 

"Sementara pembangunannya saat ini sedang berjalan misalnya di Raba baka dan di palikarawe," Sebutnya.

Ia berharap, hadirnya bantuan  dari kementerian kominfo ini masyarakat dapat menjaga sarana dan prasarana. Pembangunan menara ini, agar masyarakat dapat mengakses informasi tentang program unggulan dari Pemerintah Daerah. "Masyarakat harus menjaganya supaya dengan mudah mengakses jaringan internet," Pungkasnya, (As).

Posting Komentar

 
Top