KM Bali 1, Dompu-Dandim 1614 Dompu menggelar penanaman mangrove tepatnya di pantai Soro Timur, Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu, sekitar pukul 08.30 wita, Jum'at (3/12/2021) pagi tadi.

Kegiatan penghijauan sepanjang pantai diisi dengan penanaman pohon bakau oleh Kodim 1614 Dompu dan diikuti oleh anggota Kodim, Ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXVIII Kodim Dompu, Polri dan masyarakat nelayan sekitar 150 Orang.

Dalam kegiatan tersebut, Dandim 1614 Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono S.Kom, mengatakan tujuan kegiatan tersebut untuk melindungi pantai dari terjangan ombak dan sekaligus menyegarkan alam dengan berkembangnya pohon bakau yang sudah ditanam.

"Banyak pohon mangrove 2000 pohon untuk mencegah terjadinya Abrasi akibat ombak," Uraiannya.
Selain itu, Pohon bakau yang sudah ditanam sepanjang bibir pantai dapat bermanfaat bagi perkembangan dan pertumbuhan ikan. Sehingga para nelayan dapat mencari ikan di sekitar pohon tersebut. "Tempat berkumpulnya ikan dan hasil laut lainya sehingga para nelayan tdk jauh ketengah laut  utk mencari ikan," Tuturnya.

Letkol Inf. Ali Cahyono S.Kom menambahkan, pohon bakau sepanjang pantai tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di sekitar sebagai penunjang tempat pariwisata. Namun masyarakat juga harus menjaga dan merawat pohon yang sudah ditanam tersebut supaya bernilai ekonomis. "Dapat digunakan Sebagai penunjang pariwisata," Pungkasnya, (As).

Posting Komentar

 
Top