KM Bali 1, Dompu-Pekerjaan Proyek di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Manggelewa Kabupaten Dompu, yang diduga kuat dikerjakan tidak sesuai bestek. Dugaan ini dipicu karena kabel yang dipasang melalui instalasi listrik tidak bermerek SNI.

Diketahui proyek tersebut dikerjakan oleh CV. Nurta Karya dengan menelan biaya sekitar satu milyar lebih yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2021. Total anggaran itu untuk dua paket pekerjaan, paket pertama rehabilitas ruangan kelas, sementara paket yang lain untuk pembangunan ruangan praktek siswa. 

Dugaan ini dibantah oleh Pelaksana Kontraktor, Haris, saat dihubungi via Whatpsapp, Rabu (8/12/2021) sore kemarin. Kata Haris, bahan instalasi listrik yang diperjual belikan tentu sudah bermerek SNI. Menurutnya, barang listrik seperti kabel tidak semestinya ditulis label SNI namun perusahaan yang memproduksi barang tersebut tentu punya sertifikat SNI.
"Jadi begini mas, setiap barang listrik tidak ada yang tidak bermerek SNI, kalau tidak SNI tidak bisa diperjual belikan. Namun ada merek tertentu yang sering dipakai oleh kita lokal di Bima dan Dompu," Akuinya. 

Sementara itu, Haris, saat ini sebagai pelaksana kontraktor CV. Nurta Karya mengakui bahwa pihaknya tidak bisa menentukan barang yang berlabel pada merek tertentu yang harus di pakai pada pekerjaan tersebut. "Nanti kami dianggap memonopoli merek barang mas karena semua merek dapat diperjual belikan," Katanya.

Kabel yang dipasang melalui instalasi listrik di SMKN 1 Manggelewa, menurut Haris, sudah sesuai dengan spek dan bestek. "Kami pelaksana tetap mengacu pada spec dan bestek yang ada," Katanya.

Menanggapi hal ini Konsultan Pengawas pekerjaan fisik rehabilitas ruangan di SMKN 1 Manggelewa, Endang Eryani ST, dikonfirmasi media ini Rabu (8/12/2021), menegaskan bahwa pelaksana kontraktor CV. Nurta Karya segera menggantikan kabel yang dipasang melalui instalasi listrik di Sekolah tersebut karena tidak sesuai dengan bestek. "Saya meminta kabel yang dipasang itu harus di bongkar dan di ganti sesuai dengan spesifikasi RAB," Tegasnya, (As).

Posting Komentar

 
Top