KM Bali 1, Manggelewa-Pemerintah Desa Soriutu menyediakan fasilitas perpustakaan bagi anak-anak yang ingin belajar membaca baik pada tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dan Swasta.

Fasilitas ini untuk meningkatkan minat literasi bagi anak-anak. Bahkan kehadiran perputakaan tersebut dapat memutuskan rantai buta aksara di Desa Soriutu. Sebagai bentuk partisipasi masyarakat di desa ini, perpustakaan itu sudah dibentuk kepengurusannya.

"Desa Soriutu membangun minat literasi anak-anak dengan menghadirkan Sarana Perpustakaan Desa sebagai bentuk upaya memutus rantai buta AKSARA Anak-anak," Uraian Perangkat Desa Soriutu, Irfan Kepada media ini, Sabtu (13/11/2021). 

Perpustakaan di Desa soriutu berdiri sejak tahun 2020 hingga kini masih aktif dalam meningkatkan leterasi bagi anak sekolah. Bahkan Keberadaan perpustakaan di desa tersebut sangat didukung dan diapresiasi oleh warga. Selain belajar di sekolah anak-anak di Desa Soriutu dan sekitarnya dapat memanfaatkan kegiatan belajar mengajar di luar jam sekolah.
"Sangat luar biasa orang tua peserta mendukung dengan hadirnya perpustakaan Desa karna membantu anak-nya belajar mandiri di luar dari jam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sekolah. 

Bahkan sekolah yang ada di Manggelewa sangat merespon dengan baik dan merasa terbantu dengan adanya kegiatan perpustakaan Desa soriutu, Karna materi yang yang diajarkan beragam, mulai dari belajar Bahasa inggris, juga sastra bahasa Indonesia yg baik dan benar,". Punkasnya.

Adapun susunan struktur kepengurusan Perpustakaan Desa Soriutu Kecematan Manggelewa, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), yakni; Penanggung Jawab Kepala Desa Soriutu, Aidin H. Ibrahim
Ketua Pengelola perpusdes, Sumiyanti, S. Pd 
Pendukung Perpustakaan desa, Pemdes Soriutu, BPD, LPM, dan Karangtaruna soriutu, Koordinator Publikasi, Muhammad Abdul Rifait, S. Pd. Team pelaksana sekaligus Pengajar : Sumiyanti, S. Pd, Mira Elviana wati S.A.B, Ita Wahyuni S. P, Nining Susilawati S. Sos, Salma, (As). 

Posting Komentar

 
Top