KM Bali 1, Dompu-Jumlah masyarakat di Dompu yang mendapatkan bantuan jaminan kesehatan dari Pemerintah tercatat sekitar 152.798 jiwa. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), Drs. Abdul Haris, menyebutkan total angka tersebut terhitung dari jumlah bantuan yang bersumber dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi hingga Pemerintah Daerah. 

"Data terakhir Jamkesmas Tahun 2021, Dari Pemda bantuan jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) sebanyak 42.443 jiwa. Bantuan dari Provinsi sebanyak 2.310 jiwa, bantuan dari Pemerintah Pusat sebanyak 108.045 jiwa," tururnya, saat dikonfirmasi, Rabu (12/01/2022) di ruangan kerjanya lalu.

Jika masyarakat miskin atau masyarakat kurang mampu hingga saat ini belum mendapatkan bantuan jaminan kesehatan, lanjut Abdul Haris, untuk sementara ini kuotanya masih terbuka. "Kalau kuotanya untuk bantuan jaminan kesehatan tetap ada," jelasnya.

Namun jumlah kuota untuk tahun 2022 ini, kata Drs. Abdul Haris, dirinya belum bisa memastikan berapa jumlahnya.

"Setiap tahun kuotanya tetap ada, dari jumlah yang mendapatkan bantuan tersebut ada yang meninggal dunia," jelasnya.

Sebagai langkah awal bagi masyarakat miskin atau masyarakat kurang mampu yang belum mendapatkan jaminan kesehatan dari Pemerintah, menurutnya, harus mendaftarkan diri dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

"Kita dorong kalau masyarakat tidak mampu kita daftarkan dulu masuk dalam data terpadu supaya mereka mendapatkan bantuan jaminan kesehatan baik itu dari Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Pemda," terangnya. (As)

Posting Komentar

 
Top