KM Bali 1, Dompu-Pada Senin, 05/02/2024, di Aula Pendopo Bupati Dompu, digelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Dompu Tahun 2025-2045. Acara ini menjadi momen penting untuk mendapatkan masukan dan saran dari berbagai pemangku kepentingan terkait rencana pembangunan jangka panjang daerah.

Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT, memandang forum ini sebagai kesempatan emas untuk memperoleh masukan yang berharga dalam menyempurnakan rancangan awal RPJPD. Dia menyampaikan bahwa penyusunan RPJPD harus lebih terintegratif dan cermat, mampu menjawab tantangan serta permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah daerah dan masyarakat Dompu secara tepat.

Syahrul Parsan juga menyoroti pentingnya koordinasi dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan daerah. Dia mengajak seluruh peserta forum, terutama pimpinan perangkat daerah dan camat, untuk turut serta dalam Musrenbang Kecamatan guna memberikan kontribusi yang berarti dalam perencanaan pembangunan ke depan.

"Penyusunan RPJPD Kabupaten Dompu tahun 2025-2045 harus lebih cermat dan terintegratif, serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat Dompu secara tepat dan strategis," terang Syahrul Parsan.

Forum ini juga diharapkan dapat menjadi wadah pembentukan komitmen bersama untuk menyusun kebijakan pembangunan yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat serta mendukung tercapainya visi dan misi Kabupaten Dompu. Syahrul Parsan berpesan agar semua pihak dapat memberikan masukan positif dan konstruktif untuk menyempurnakan rancangan awal RPJPD, sehingga bisa menjawab berbagai isu strategis dalam membangun Kabupaten Dompu yang maju, berdaya saing, dan berkelanjutan.

"Forum ini merupakan forum diskusi antara berbagai pemangku kepentingan dalam proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah dan melalui forum ini diharapkan mendapat masukan dan saran positif serta konstruktif dari peserta forum sebagai penyempurnaan rancangan awal RPJPD Kabupaten Dompu tahun 2025-2045 guna menjawab berbagai isu strategis untuk mewujudkan kabupaten Dompu yang maju, berdaya saing dan berkelanjutan di tahun 2045," tuturnya.

Dalam penutupan sambutannya, Wabup mengucapkan harapan agar proses konsultasi publik ini dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan solusi yang optimal. Dengan mengucapkan Bismillahirrahmaanirrahim, secara resmi Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Dompu Tahun 2025-2045 ia nyatakan dibuka.

Kegiatan ini berjalan dengan sukses dan tertib, dengan partisipasi aktif dari berbagai pemangku kepentingan. Dengan adanya sesi diskusi dan tanya jawab yang melibatkan narasumber dari berbagai instansi terkait, diharapkan bahwa hasilnya akan menjadi landasan yang kokoh dalam penyusunan RPJPD yang berkelanjutan dan berorientasi pada kepentingan masyarakat.[km/adv]

Posting Komentar

 
Top