Foto Bupati Dompu, H. Kader Jaelani dan Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan

KM Bali 1 Dompu - Bupati Dompu, H. Kader Jaelani dan Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, Jum'at kemarin (1/2/2024) menggelar kegiatan Dzikir yang disertai Doa Syukuran pada momentum tiga tahun masa kepemimpinannya. 

Dalam sambutannya, H. Kader Jaelani menyampaikan selama memimpin tiga tahun terakhir ini banyak mengalami perubahan. Untuk itu, AKJ-SYAH berkomitmen secara konsisten untuk melaksanakan visi dan misi daerah yang telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Dompu tahun 2021- 2026. 

"AKJ-SYH selama 3 tahun terakhir, sudah banyak melakukan perubahan lewat Visi Dompu Mashur (Mandiri Sejahtera Unggul dan Religius) malaui program Jara Pasaka (Jagung, Porang Padi Sapi dan Ikan) dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat." sambut Bupati Dompu, H. Kader Jaelani saat acara dzikir dan doa syukuran di Aula pandopo kemarin. 

Semenjak AKJ-SYAH dilantik pada tanggal 27 Februari 2021 lalu, H. Kader Jaelani menyebutkan ratusan wirausaha baru telah diberikan fasilitas sarana dan prasarana sepanjang tahun 2023. Selain itu juga telah dibentuk 20 Koperasi melanial sebagai konsep program pasar desa. 

"Pada tahun 2023 telah difasilitasi peningkatan kapasitas dan bantuan peralatan bagi ratusan pelaku industri pengolahan pangan berbasis daging sapi, pelatihan service handphone dan AC, pelatihan pengemasan produk pangan ikm beras dan jagung serta pelatihan keterampilan muna PA'A. Melalui dana DBHCHT serta industri pengolahan tembakau di desa Woko." ujarnya. 

Lebih lanjut H. Kader Jaelani memaparkan berdasarkan data dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu dari 8 Kecamatan pada Tahun 2023 produksi padi sebesar 151.546 ton. Angka tersebut meningkat jika dibandingkan tahun 2022 hanya sebesar 146. 174 ton. Sedangkan untuk jagung tahun 2022 produksinya sebesar 445.118 ton menjadi 446.901 pada tahun 2023 bahkan sekarang harga dua komoditas ini 2 tahun terakhir jauh di atas harga pokok penjualan (HPP) yang ditetapkan oleh pemerintah baik jagung sebesar 4.200/Kg begitu juga gabah kering panen (GKP) 5000/Kg. 


Dalam RPJMD 2021-2026 bahwa program utama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan dalam rangka mendukung program Jara pasaka, yakni peningkatan produksi dan produktivitas ternak. Untuk meningkatkan populasi ternak salah satunya melaksanakan inseminasi buatan seluruh wilayah kecamatan se- Kabupaten Dompu, peningkatan ketersediaan pakan. 

Dampak dari langkah tersebut Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu telah menunjukkan keberhasilan peningkatan kinerja. Antara lain populasi ternak sapi Kabupaten Dompu tahun 2023 sebanyak 174.781 ekor. 

Sementara Produksi Perikanan merupakan Indikator Kinerja Utama (IKU) Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Dompu tahun 2023 sebesar: 80.840.21 ton. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Dompu H. Kader Jaelani beserta istri Hj. Lilis Suryani, Wakil Bupati Dompu H.Syahrul Parsan beserta istrinya. 

Dandim 1614/Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Firajati beserta istri Ny. Astrini Dewi Anindita, Kapolres Dompu AKBP Zulkarnain S. Ik. Kajari Dompu diwakili Kasi Intel Joni Eko Waluyo. 

Sekda Gatot Gunawan PP, Ketua DPRD H. Andi Bahtiar And. Par, Ketua Pengadilan Negeri Dompu Rizky Ramadhan, Ketua Pengadilan Agama, para Kepala OPD Lingkup Pemda Dompu, Ketua MUI KH. Mokh. Nasuhi, Pimpinan BUMN dan BUMD, Camat, Lurah/Kepala Desa, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda se Kabupaten Dompu. (As/adv) 

Posting Komentar

 
Top