Dompu, KM Bali 1-Acara peringatan meletusnya gunung Tambora yang berlokasi di Kecamatan Pekat tidak hanya dimeriahkan oleh pegelaran seni dan budaya khas Kabupaten Dompu. Event yang diperkirakan akan menarik perhatian seluruh masyarakat Dompu ini juga ternyata akan lebih disemarakkan oleh lantunan suara-suara indah dari para Qori’ dan Qori’ah dari seluruh pelosok Kabupaten Dompu.
Event MTQ tingkat Kabupaten Dompu menjadi ajang seleksi rutin para pelantun serta penghafal ayat suci al-quran. Perlombaan ini pulalah yang akan lebih menyemarakkan Tambora Menyapa Dunia tersebut. Meski pelaksanaannya tidak begitu bertepatan dengan TMD, namun MTQ tingkat Kabupaten Dompu ini akan menjadi acara awal serta untuk lebih menyosialisasikan puncak acara TMD kepada masyarakat luas.
“Jadi selain sebagai ajang seleksi para Qori’ dan Qori’ah, MTQ ini nanti akan menjadi media sosialisasi TMD kepada masyarakat luas”, jelas Kabag Kesra H. Julkifli Lubis saat ditemui  KM Bali 1 beberapa waktu lalu. Baginya, MTQ juga merupakan tolok ukur dalam mengevaluasi perhatian masyarakat terhadap dukungan pemerintah baik secara moril maupun materil terhadap pembangunan mental generasi yang religious sesuai dengan Program Pemerintah daerah saat ini. “MTQ ini akan menjadi motifasi bagi para generasi untuk lebih cinta dan mau mempelajari kitab suci al-qur’an”, ungkapnya.
Sejauh ini, ungkap Julkifli, pemerintah daerah memiliki perhatian khusus dalam membangun keimanan dan ketakwaan generasi Dompu. Diantara dukungan pemerintah daerah dalam hal tersebut menurut H. Julkifli Lubis adalah dengan memberikan tunjangan kepada guru ngaji, Tempat Pendidikan AL-qur’an (TPA), TPQ, penjaga masjid dan lain-lain.

Diperkirakan, ratusan peserta hasil seleksi dari STQ tingkat Desa, Kelurahan dan Kecamatan akan beraksi menunjukkan kefasihannya masing masing dalam membaca serta menghafal Al-Quran pada MTQ tingkat Kabupaten Dompu 21 Maret nanti.[Siol]

Posting Komentar

 
Top