KM Bali 1, Pekat-Gempa berkekuatan 6,5 Skala Rikhter mengguncang wilayah NTB khususnya Kabupaten Dompu. Di kecamatan Pekat, terhitung setidaknya puluhan rumah rusak berat dan ratusan lainnya rusak ringan.

Meski dalam bencana alam ini tidak terdapat korban jiwa, namun teridentifikasi setidaknya ada 4 warga kecamatan pekat yang mengalami luka-luka akibat tertimpa reruntuhan pada saat gempa. Diantaranya menurut laporan yang dirangkum KM Bali 1 adalah Dina Mayanti bocah perempuan berumur 3 tahun di desa Kadindi. Akibat gempa yang terjadi pada pagi hari itu Dina mengalami luka pada kepala bagian kiri. Korban lainnya adalah Suci 11 tahun asal Desa Kadindi sempat mengalami pingsan karena syok, Khairul Watoni 32 tahun dan Ina Wan 40 tahun desa Sorinomo.

Namun menariknya, tidak semua wilayah di Kecamatan Pekat menjadi korban akibat Gempa. Sebagian wilayah daerah tersebut justru tidak begitu merasakan guncangan Gempa besar ini. Contohnya seperti Kawasan Pabrik Gula PT. SMS yang berlokasi di Desa Doropeti kecamatan Pekat Kabupaten DOmpu.

Bahkan pada saat gempa tersebut terjadi salah seorang karyawan pabrik menyebutkan bahwa saat itu pabrik sedang mulai akan menggiling Tebu untuk diproses menjadi gula. Karyawan tersebut mengatakan bahwa meski gempa itu terjadi proses produksi tetap berjalan seperti biasa tanpa adanya rintangan.

Tidak hanya itu, kawasan industry Desa Doropeti terlihat tidak dipengaruhi oleh dampak akibat gempa. Menurut warga setempat, getaran gempa tidak begitu terasa di wilayahnya. Selain Desa Doropeti, menurut laporan yang diterima KM Bali 1 ada 3 Desa lagi yang tidak mengalami dampak merugikan akibat gempa yakni, Nangakara, Sori Tatanga, dan Desa Beringin Jaya.[Oz]

Posting Komentar

 
Top