KM Bali 1 Dompu - Sejak beredarnya surat rekomendasi dari Bupati Dompu H. Bambang M. Yasin di tiap - tiap Sekolah Khususnya yang ada di Kecamatan Dompu agar mengarahakan murid - muridnya untuk berkunjung di Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dompu ketika tidak ada jam pelajaran. Terlihat memiliki dampak baik terhadap meningkatnya kunjungan ke Perpustakaan Daerah yang dikelola oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah. Setelah menerima surat himbauan tersebut dari Bupati Dompu, Kepala Sekolah segera menginstruksikan kepada para guru-guru di Sekolah.
Menurut pantauan langsun Koran ini, Dalam satu pekan rata-rata ada tiga sampai empat sekolah yang  berkunjung. Sekolah yang berkunjung berasal dari semua jendang pendidikan yakni dari tingkat Taman Kanak - Kanak ( TK ), Sekolah Dasar ( SD ), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama ( SLTP ) dan Sekolah Menengah Atas ( SMA ). masing - masing Sekolah mengutus satu kelas bahkan sampai tiga kelas. Untuk mendukung minat siswa tersebut Perpustakaan Daerah sendiri pada waktu tertentu sengaja mengurangi kunjungan untuk umum.
 SMP Negeri 1 Dompu melakukan kunjungan pada hari senin, 22 Mei 2017 sepekan lalu. sebanyak tiga kelas siswa sekolah itu sengaja berkunjung untuk mencari referensi penyelesaian tugas dari guru di sekolah. lama kunjungannya lebih kurang dua jam. Selain membaca koleksi buku yang cukup lengkap, ada pula siswa yang mencari referensinya diinternet fasilitas yang telah tersedia di perpustakaan daerah.
Begitu juga dengan SMP Negeri 4 Dompu, SMA Negeri 2 Dompu dan SMA Negeri 1 Dompu, keempat sekolah tersebut juga merupakan sekolah yang paling rutin berkujung. Mereka sengaja menyediakan jadwal khusus bagi siswanya agar berkunjung ke perpustakaan terlengkap di Kabupaten Dompu itu.
 Tidak hanya pihak Sekolah saja yang berkujung, tetapi ada juga dari Mahasiswa perguruan tinggi di Dompu seperti StieYapis Dompu. Mahasiswa yang berkunjung biasanya bermaksid menyelesaiakan tugas kuliah dari Dosen masing-masing.  
Ardiansyah, S. Hum selaku Staf pelayanan dan PIC Perpuseru yang bertanggung jawab pada seluruh kegiatan pelayanan perpustakaan mempunyai harapan saat dikonfirmasi oleh Koran Kampung Media via telepon selulernya, “Mudah - mudahan dengan adanya kerja sama dengan Perpuseru ini, yang di mana Perpustakaan itu mengacu pada kegiatan keterlibatan Masyarakat dengan memanfaatkan teknologi komputer dan internet, paling tidak Masyarakat itu mampulah untuk berkegiatan, dan Masyarakat mau berinteraksi di Perpustakaan”, harapnya.
 Bambang M. Hasan kepala Sekolah SMA Negeri 2 Dompu sangat mengapresiasi dan senang, dengan adanya Perpustakaan ini sangat membantu ketika murid - murid sudah diberikan tugas oleh Gurunya namun referensinya tidak tersedia di perpustakaan sekolah. Dengan demikian para peserta didiknya diizinkan untuk mendatangi perpustakaan Daerah, “kalau untuk SMA paling berkaitan dengan tugas - tugasnya, kalau ditugaskan oleh gurunya kesulitan apa yang mereka alami jarang ditemukan di perpustakaan Sekolah dia akan berkunjung ke sana jadi menambah koleksi pengetahuan mereka” Ungkapnya.
Lebih jauh Bambang Sangat Mendukung dengan adanya Program Perpustakaan itu sendiri dan sangat berharap agar pihak Perpustakaan jangan pernah ragu untuk melakukan sosialisasi ke sekolah - sekolah
 “Saya pribadi dan atas nama sekolah pihak perpustakaan jangan canggung-canggung mengadakan sosialisasi ke sekolah – sekolah. Mungkin Kepala Sekolah itu kadang – kadang tidak tahu dimana perpustakaan Daerah ini. Saya mendukung sepenuhnya. Kemarin ada mobil Perpustakaan Keliling itu salah satu sosialisasi paling bagus itu. hanya saja, kemarin itu datang mampir, maunya kita lama – lama. Anak – anak sangat tertarik dengan adanya mobil itu. Anak bisa baca - baca, bagus Programnya”, jelasnya saat dikonfirmasi oleh wartawan koran kampung Media di Sekolahnya Sabtu, (3/6)[poris]

Posting Komentar

 
Top