KM Bali 1, Woja-Setelah mendapatkan Pelatihan Manajemen Perpustakaan serta Bantuan 3 Unit Komputer dari Dinas Perpustakaan dan AD Dompu, Perpustakaan  yang dikelola oleh aparat Pemerintah Desa Wawonduru Kecamatan Woja mulai diminati masyarakat.
Saat ini untuk memenuhi minat baca masyarakatnya yang kian akrab dengan koleksi buku diperpustakaan Desa setempat, Pemerintah Desa berinisiatif untuk menjalin kemitraan yang intensif dengan salah satu PKBM yang juga tetap aktif sebagai tempat membaca masyarakat. PKBM tersebut bernama Asfan Mandiri.
Kades Wawonduru Nudin H. Tahamed saat ditemui Wartawan Koran ini menjelaskan dipilihnya PKBM ini sebagai mitra dalam mengelola Perpustakaan Desa karena sudah dibina dan sudah sejak awal menjadi tempat membaca bagi masyarakat setempat. “ PKBM Asfar Mandiri ini awalnya juga merupakan tempat membaca bagi masyarakat dan selalu aktif menurut pantauan kami”, jelas Kades Wawonduru.
Kades juga menyatakan niatnya untuk lebih meningkatkan lagi jenis - jenis kegiatan dalam perpustakaan Desa tersebut. Diantaranya ingin mengadakan penunjang seperti pelatihan bagi Ibu-ibu rumah tangga membuat kerajinan tangan, serta pelatihan lain yang produktif bagi masyarakat. “Kami juga berniat mengadakan pelatihan-pelatihan seperti membuat kerajinan tangan bagi ibu-ibu rumah tangga yang rajim membaca buku diperpustakaan Desa nantinya”, Kata Nurdin.

Sejauh ini pihaknya merasakan betul manfaat yang diperoleh dengan adanya perpustakaan Desa ini, “warga sekarang jadi sadar informasi, wawasannya lebih luas sehingga memiliki pikiran yang terbuka dalam membangun Desanya”, tutur Nurdin.[Siol]

Posting Komentar

 
Top