KM Bali 1, Dompu-Dinas koperasi dan UMKM Kabupaten dompu mengadakan program pelatihan management pengelolaan hasil laut bagi masyarakat kawasan pesisir Kabupaten Dompu.

Program pelatihan yang dilaksanakan selama 4 hari yakni dimulai hari Selasa 6 sampai dengan Jumat, 9 April itu bertujuan untuk memaksimalkan potensi kawasan pesisir yang ada khususnya dalam pengembangan dan pemanfaatan produksi kelautan. Pelatihan ini juga dititik beratkan pada pengembangan potensi dibidang kuliner.

"Materi teknis yang dilatih disini adalah pengolahan makanan berbahan dasar hasil laut", demikian dijelaskan Ir. Hj. Serim Kabid Pengembangan UMKM kepada media ini Selasa, (06/04) lalu disela kegiatan pelatihan tersebut.

Para peserta Training ini berjumlah 30 Orang, sebagian besar berasal dari kawasan Desa pesisir yang ada di Kabupaten dompu.

"Contohnya di Kecamatan Dompu, kami undang perwakilan dari Desa Mbawi, untuk Kecamatan Woja ada Desa Riwo, Kecamatan Kempo ada Desa Soro dan Tolo Kalo. Kalau Kecamatan Pekat ada Karombo dan Calabai", ungkapnya.

para Peserta ini nantinya akan dibekali dengan pemahaman dan wawasan bagaimana mengembangkan dan memberdayakan potensi hasil laut yang ada di Desa masing-masing. 

Dalam trainning ini juga para peserta akan diberikan materi inti yaitu tentang permodalan, marketing, administrasi dan analisa usaha. 

Di samping itu, beberapa materi yang bersifat teknis juga diberikan khususnya cara pengolahan makanan berbahan dasar hasil laut Seperti Naget, mini krispy, Dendeng dan resep pengolahan lainnya.
Sebagaimana yang disampaikan Kabid pemberdayaan UKM dinas koperasi dan UKM kabupaten dompu Ir. Hj.Serim M.si kepada awak media www.kmbali1.com di lokasi pelatihan menerangkan total ada 21 resep pengolahan makanan dari bahan dasar hasil laut yang akan diberikan dalam pelatihan tersebut. 

"Rencananya dalam pelatihan ini kami akan mempraktekkan 10 resep", kata Hj. Serim.

Pelatihan itu diterangkannya berujuan untuk memberikan pembekalan berupa wawasan dan ilmu baru bagi kelompok masyarakat kawasan daerah pesisir terutama dalam hal pemanfaatan hasil laut guna meningkatkan potensi usaha mikro dikawasan pesisir tersebut. 

Beliau juga menjelaskan bahwa sebenarnya pemerintah berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat akan memiliki sumber usaha baru guna meningkatkan perekenomian keluarga dan masyarakat. 

"Sehingga masyarakat tidak hanya terfokus di bidang agraria saja sebagai sumber penghasilan tapi juga potensi maritim yang dalam hal ini pemanfaatan hasil laut kawasan lokal.(IB)

Posting Komentar

 
Top