Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Dompu, H. Khaerul Insyan, MM, saat dikonfirmasi Juma'at (21/02/2022)

KM Bali 1, Dompu-Sebanyak 300 pelaku usaha baru di Kabupaten Dompu Tahun 2022 ini secepatnya bakal direkrut melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dompu. Anggaran yang gelontorkan dalam program tersebut sebesar Rp. 1.4 miliar.
 
Namun sebelum dilakukan pendataan pelaku usaha sebanyak itu, kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, H. Khaerul Insyan, MM, saat ini pihaknya tengah melakukan konsultasi terkait sensus UMKM dengan Badan Pusat statistik (BPS). 

"Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu hingga saat ini sedang melakukan konsultasi dengan BPS Provinsi," ujarnya kepada Wartawan Media ini di ruangan Kerjannya pada Jum'at (21/01/2022).

Menurut Khaerul Insyan yang familiar disapa Dae Mpera, saat ini tengah berkoordinasi dengan BPS supaya menguatkan pihaknya dalam melakukan pendataan bagi pelaku usaha. Hal ini juga dapat memastikan data pengembangan UMKM berdasarkan nama dan alamatnya. Selain itu, dirinya juga mengakui, selama ini yang disoroti secara nasional adalah adanya data-data yang fiktif yang harus dihindari. 

"Apakah betul mereka punya usaha?" tanyanya.

Untuk menghindari adanya data fiktif itu, lanjut dae mpera juga mantan Kadis Pariwisata ini, setelah mendapatkan data sensus UMKM dari BPS Provinsi maka pihaknya akan melakukan pendataan yang betul-betul melihat dan mengecek para pelaku usaha secara riil di lapangan.

"Memenuhi program yang diminta maka dibuat-buatlah data fiktif," ujarnya.

Pendataan pelaku usaha baru diperkirakan awal bulan februari Tahun 2022 ini. Untuk sementara ini pihaknya tengah mendesain formatnya. "Awal bulan dua kita sudah mulai jalan saat ini kita lagi mendesain formatnya," pungkasnya. (As)

Posting Komentar

 
Top